Realme Bakal Pasarkan Lebih Banyak Produk AIoT ke Indonesia

Kompas.com - 16/01/2020, 07:05 WIB
Realme Buds Air beserta case yang berfungsi sebagai charger. KOMPAS.com/Bill ClintenRealme Buds Air beserta case yang berfungsi sebagai charger.

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme berencana memboyong aneka produk ekosistem pintar berbasis AIoT (Artificial Intelligence-of-Things) ke Indonesia pada 2020.

Hal ini disampaikan oleh Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia, dijumpai KompasTekno di sela peluncuran Realme 5i dan Realme Buds Air di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

"Tahun 2020 ini kami sangat siap untuk meluncurkan beragam perangkat AIoT, mulai dari audio, wearable, TV, dan perangkat pintar lainnya," tutur Yi di panggung peluncuran.

Adapun aneka produk AIoT yang bakal dipersiapkan Realme menyasar segmen anak muda, dengan fokus pada produk di beragam ekosistem, mencakup personal, family, hingga travel.

Baca juga: Earphone Nirkabel Ralme Buds Air Masuk Indonesia, Harga Rp 899.000

Terkait produk AIoT sendiri, perangkat earphone nirkabel (wireless) yang baru saja dirilis, yakni Realme Buds Air, sejatinya merupakan perangkat AIoT sekaligus True Wireless Stereo (TWS) perdana Realme di Indonesia.

Aksesori mirip AirPods besutan Apple itu dipilih menjadi produk AIoT pertama, lantaran perangkat tersebut sejatinya merupakan batu loncatan Realme agar pihaknya bisa membangun ekosistem produk pintar bermerek Realme di Tanah Air.

"Realme Buds Air menjadi kunci pertama untuk mengakses seluruh ekosistem AIoT," ujar Product Marketing Manager Realme Indonesia, Felix Christia di kesempatan yang sama.

Baca juga: Sony Bicara Pasar Earphone Kabel versus Wireless di Indonesia

"Contoh misalnya ada TV Realme, (nanti) bisa diakses melalui fitur voice assistant di Realme Buds Air, atau misalnya lampu bisa diakses (dinyalakan) langsung dari earphone wireless," imbuhnya.

Kendati demikian, baik Yi dan Felix masih malu-malu untuk membocorkan detail perangkat AIoT apa yang bakal diluncurkan di Indonesia setelah Realme Buds Air. Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X