Lenovo Kembali Rajai Pasaran PC di 2019

Kompas.com - 16/01/2020, 17:37 WIB
Internet wikipedia.orgInternet

KOMPAS.com - Setelah duduk di posisi pertama pada 2018, Lenovo agaknya kembali merajai pasaran PC global sepanjang tahun 2019 yang baru saja berlalu.

Berdasarkan laporan awal firma riset pasar Gartner, pengiriman PC dari pabrikan asal China itu diperkirakan sebesar 63 juta unit di 2019, naik 8,1 persen dari angka yang tercatat di 2018.

Jumlah pangsa pasar Lenovo pun meningkat dari 22,4 persen pada 2018 dan menjadi 4,1 persen pada 2019.

Baca juga: Lenovo Perkenalkan Laptop Anyar dengan Koneksi 5G

Menurut laporan awal Gartner, Lenovo memang telah memimpin industri PC global sejak kuartal pertama 2019.

Di bawahnya secara berturut-turut ada HP Inc. serta Dell di posisi kedua dan ketiga, yang sama-sama mencatat pertumbuhan pasar di 2019.

Data riset pengapalan PC global tahunan 2019 versi GartnerKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Data riset pengapalan PC global tahunan 2019 versi Gartner

Sebaliknya, tiga pabrikan di urutan-urutan setelahnya, yakni Apple, Acer, dan Asus masing-masing justru mengalami penurunan.

Sementara itu pasar PC secara keseluruhan diperkirakan mengalami peningkatan tipis pada 2019, dengan volume pengiriman sekitar 261 juta unit, dari 259 juta unit pada 2018.

Baca juga: Ponsel Gaming Lenovo Legion Akan Hadir di 2020?

Ke depan, Gartner memprediksi pasar PC akan kembali menurun. Namun, nasih ada ruang untuk perangkat dengan layar lipat (foldable) yang bisa memantik minat pasar.

"Inovasi seperti ini (perangkat foldable) bisa mengubah perilaku konsumen dan menciptakan segmen produk baru," ujar principal analyst Gartner Mikako Kitagawa dalam laporan awal Gartner, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (16/1/2020).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gartner
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X