Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Cloud Siap Berikan Kontribusi di Ibu Kota Baru Indonesia

Kompas.com - 17/01/2020, 15:18 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur dijadwalkan bakal terealisasi pada 2024 mendatang.

Menyambut rencana tersebut, beberapa pihak salah satunya Alibaba Cloud sudah mengambil ancang-ancang untuk membuat strategi, agar dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi di ibu kota tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia yang mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kabar pemindahan ibu kota Indonesia di tahun 2024.

“Kami menyambut baik kabar Ibu Kota baru Indonesia pada tahun 2024," ujar Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia dalam acara bertajuk Alibaba Cloud Day 2020 yang diadakan di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Baca juga: Alibaba Gandeng Dua Universitas untuk Pelatihan Cloud di Indonesia

Menurut Leon, Alibaba tidak hanya menjalin kerja sama dengan pemerintah saja, melainkan juga dengan banyak pihak lainnya, seperti partner-partner mereka di Indonesia.

Menyinggung soal investasi, Leon mengatakan bahwa pihaknya akan berkontribusi dalam memberikan pengetahuan di bidang teknologi, guna memajukan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan digital.

“Mengenai investasi, kami akan fokus memberi pengetahuan dan keahlian kami di bidang teknologi serta mendukung semua rencana pemerintah Indonesia ke depannya,” imbuh Leon.

Untuk mewujudkan hal itu, Alibaba Cloud menghadirkan pelatihan cloud dan intelegensi digital bagi mahasiswa dan pengajar serta menawarkan pelatihan IT tingkat lanjut bagi developer di Indonesia lewat kampanye "Digital Talent Empowerment Program".

Baca juga: Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba Group

Tak hanya itu, Alibaba Cloud juga menggandeng inkubator untuk mendukung wirausaha di Indonesia guna meningkatkan keterampilan digital di kalangan startup.

"Kami sangat senang meluncurkan program pemberdayaan bakat digital ini dengan dukungan dari Universitas, lembaga pelatihan, dan inkubator di Indonesia," pungkas Leon.

Alibaba Cloud berharap dengan berkontribusi melalui teknologi, keahlian dan pengalaman yang mereka miliki dapat membantu mengembangkan lebih banyak talenta yang memiliki pengetahuan cloud guna memenuhi kebutuhan transformasi digital berbagai bisnis di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com