Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Sebut Akan Ada Startup "Unicorn" dan "Decacorn" Baru di 2020

Kompas.com - 20/01/2020, 10:28 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Indonesia sekarang memiliki beberapa "unicorn" alias perusahaan rintisan digital (startup) yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dollar AS atau Rp 13,6 triliun.

Belakangan, menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengisyaratkan bakal ada unicorn baru dari Indonesia pada 2020. Hal tersebut disampaikannya usai acara Indonesia Millenial Summit 2020 di Jakarta pekan lalu.

Baca juga: Asal Usul Kata Unicorn di Industri Startup, Mengapa Bisa Dipakai?

Tak hanyaitu, Johnny juga memprediksi bahwa akan ada startup unicorn yang naik status menjadi decacorn dengan valuasi yang menembus 10 miliar dollar AS atau Rp 136 triliun.

"Ada yang potensial naik jadi unicorn, ada juga unicorn yang naik jadi decacorn," tutur Johnnya, seperti dihimpun KompasTekno dari Antara, Senin (20/1/2020).

Johnny tak menjelaskan startup mana persisnya akan akan menjadi unicorn tahun ini, ataupun unicorn yang bakal menyandang status decacorn. Dia hanya menyebutkan bahwa calon unicorn baru Indonesia bergerak di bisnis multiplatform.

Baca juga: Menkominfo: Ovo Jadi Startup Unicorn Kelima dari Indonesia

Saat ini Indonesia memiliki lima unicorn, yakni penyedia layanan ride hailing GoJek, e-commerce Bukalapak dan Tokopedia, online travel Traveloka, dan penyedia platfom pembayaran digital Ovo. Salah satunya, Gojek, sudah mencapai valuasi decacorn.

Sejak tahun lalu sudah beredar spekulasi bahwa calon unicorn baru Indonesia berasal dari dunia pendidikan, karena besarnya proporsi APBN yang dialokasikan untuk sektor tersebut.

Pada 2017, pemerintah juga sempat mempublikasikan daftar startup yang berpotensi menjadi unicorn.

Baca juga: 2020, Indonesia Targetkan Punya 44 Startup Unicorn, Ini Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com