Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIM Card Ilham Bintang Dicuri dan Rekening Dibobol, Ini Respons Indosat

Kompas.com - 20/01/2020, 10:41 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Nomor kartu subscriber identity module (SIM) card Indosat Ooredoo milik wartawan senior Ilham Bintang diganti oleh orang tidak dikenal saat bepergian ke luar negeri.

Nomor SIM card tersebut juga diduga dipakai untuk membobol uang dalam rekening bank milik Ilham Bintang, yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir 100 rekening.

Menanggapi hal tersebut, pihak Indosat Ooredoo akan bekerja sama untuk menangani kasus ini.

"Kami akan bekerja sama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami," ujar SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk, dilansir Antara, Senin (20/1/2020).

Indosat Ooredoo, menurut Turina, telah menemui dan menjelaskan kepada Ilham Bintang mengenai apa yang terjadi.

Baca juga: Ilham Bintang Ceritakan Bagaimana Kartu SIM-nya Ditukar hingga Rekening Dibobol

"Kami menyesalkan adanya kejadian dalam proses penggantian kartu atas nama Bapak Ilham Bintang. Kami telah bertemu dengan beliau dan menjelaskan tentang apa yang terjadi," kata Turina.

Sebelumnya, Ilham Bintang menyampaikan bahwa pihak Indosat sudah menemuinya, dan dalam pertemuan tersebut pihak Indosat memberikan data yang diminta oleh dirinya mengenai rekaman CCTV, surat yang mengonfirmasi terjadinya pertukaran SIM card pada 3 Januari 2020, dan fotokopi formulir yang diisi oleh pelaku.

Namun, Ilham sangat menyesalkan bobolnya sistem pengawasan dan verifikasi faktual Indosat yang membuat terduga pelaku dengan mudahnya mendapatkan nomor kartu seluler ponsel miliknya.

Ilham mengatakan bahwa pelaku kejahatan berhasil mendatangi dan mengelabui langsung petugas Indosat di Gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange dengan mengaku-ngaku sebagai dirinya pada Jumat (3/1/2020).

Dia menjelaskan bahwa seharusnya penukaran kartu seluler fisik wajib melalui verifikasi faktual dan administrasi KTP, seperti yang ia alami saat menukar kartu SIM Telkomsel.

Namun, sejauh dirinya melihat pada rekaman CCTV, hampir tidak ada verifikasi dari petugas Indosat terhadap pelaku.

Baca juga: 3 Saran Gojek untuk Menghindari Penipuan

Wartawan senior tersebut juga mengkritik kecerobohan dari pihak Indosat yang tidak mengecek keberadaan lokasi dirinya melalui aktivasi paket roaming, di mana saat itu Ilham Bintang sedang berada di luar negeri.

Akibat pencurian nomor kartu seluler ponsel tersebut, pelaku berhasil membobol uang dalam rekening bank miliknya yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir 100 rekening.

Wartawan senior itu telah melaporkan kasus kejahatan tersebut kepada pihak kepolisian dan telah menunjuk Elza Syarief sebagai kuasa hukumnya.

Melalui akun resminya di Facebook, Ilham Bintang juga meminta semua sahabat dan masyarakat untuk berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan terhadap lemahnya perlindungan pelanggan jaringan telepon seluler dan nasabah perbankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com