Gamer Cenderung Habiskan Uang untuk Game Mobile Ketimbang Konsol

Kompas.com - 20/01/2020, 15:14 WIB
Call of Duty Mobile mode Battle Royale di Vivo V17 Pro KOMPAS.com/Bill ClintenCall of Duty Mobile mode Battle Royale di Vivo V17 Pro

KOMPAS.com  - Popularitas game mobile kian melejit. Bahkan para pencinta game pun kini lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk game mobile ketimbang konsol.

Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset App Annie selama tahun 2019 lalu.

Pada tahun 2019, secara kumulatif, para pencinta game menghabiskan hampir 100 miliar dollar AS atau Rp 13.650 triliun untuk melakukan pembelian game mobile maupun item yang ada dalam game tersebut.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut bahkan lebih besar dari pengeluaran yang dihabiskan untuk game konsol, game PC, dan game perangkat handheld.

Baca juga: Perjalanan 10 Tahun Game Mobile di Indonesia

Menurut hasil riset App Annie, jumlah pengeluaran secara totaluntuk pembelian game konsol, game PC, dan game handheld tercatat tidak lebih dari 80 miliar dollar AS.

App Annie mengatakan, Fenomena ini dipengaruhi oleh adanya sejumlah judul game konsol dan PC yang kini mulai merambah platform mobile.

Call of Duty Mobile dan Mario Kart Tour yang muncul pada 2019, lalu merupakan bukti nyata bahwa kini game konsol mulai merambah pasar mobile untuk meraup lebih banyak untung di pasar.

Dari catatan App Annie, setidaknya 17 persen dari total game yang ada di platform mobile, berhasil meraup pendapatan lebih dari 5 juta dollar AS selama tahun 2019.

Baca juga: Tiga Game Asal Indonesia Masuk Nominasi di Taipei Game Show 2020

"Game mobile adalah platform yang saat ini memimpin secara global berdasarkan jumlah pengeluaran yang dilakukan konsumen, dan masih ada peluang untuk terus berkembang," tulis pihak App Annie.

Genre game yang paling banyak menghabiskan uang pemain adalah RPG dengan angka 38 persen dari total keseluruhan, dan game bergenre strategi dengan angka 17 persen.

Dirangkum KompasTekno dari laporan App Annie, Senin (20/1/2020), adapun lima game mobile yang paling banyak memperolah pendapatan di Indonesia adalah Free Fire, PUBG Mobile, Game of Sultan, Ragnarok M: Eternal Love dan Rise of Kingdoms.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X