Realme XT Tak Lagi Pakai Antarmuka dari Oppo

Kompas.com - 20/01/2020, 16:02 WIB
Tampilan depan Realme XT. Ponsel ini mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD Plus dan rasio layar 19,5:9. Ada pula poni yang menampung kamera selfie 16 megapiksel. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan depan Realme XT. Ponsel ini mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD Plus dan rasio layar 19,5:9. Ada pula poni yang menampung kamera selfie 16 megapiksel.

KOMPAS.com - Desas-desus Realme yang ingin membangun ekosistem software-nya sendiri dan lepas dari ColorOS besutan Oppo telah lama tersiar. Akhirnya, cita-cita itu kini mulai terwujud.

Realme mulai memperkenalkan antarmuka Realme UI dalam peluncuran ponsel Realme X50 5G di China pada awal Januari lalu.

Kini, Realme mulai menggulirkan antarmuka Realme UI 1.0 sebagai pengganti ColorOS 6.0 untuk perangkat Realme XT. Realme UI 1.0 ini dibuat berdasarkan Android 10 dan antarmuka ColorOS 7.0.

Pembaruan ini memiliki ukuran file 3,52 GB dengan kode RMX1921EX_11.C.01. Ukuran yang cukup besar karena di dalamnya memuat banyak fitur baru.

Baca juga: Ikuti Xiaomi, Ponsel Realme Bakal Menyodori Iklan

Beberapa fitur tersebut misalnya, koneksi dual earphone, wallpaper animasi, screen-off display, hingga Realme Share atau fitur berbagi file antar merek smartphone. Fitur ini juga ada di smartphone Oppo, Xioami, dan Vivo.

Selain itu, Realme UI juga memiliki kemampuan untuk mengkustomisasi ikon-ikon yang ada pada ponsel sesuai dengan keinginan pengguna.

Ada pula fitur lain seperti Flashback yang memunginkan pengguna untuk membuka aplikasi lain ketika bermain game.

Tangkapan layar pembaruan sistem operasi ColorOS 6.0 yang digantikan Realme UI.Fone Arena Tangkapan layar pembaruan sistem operasi ColorOS 6.0 yang digantikan Realme UI.
Dirangkum KompasTekno dari Fone Arena, Senin (20/1/2020), pengguliran software ini baru tahap awal, sehingga baru segelintir pengguna Realme XT saja yang akan mendapatkannya.

Pembaruan lebih luas akan digulirkan dalam beberapa hari ke depan setelah Realme memastikan tidak ada bug serus dalam software barunya.

Baca juga: Menggenggam Realme XT, Ponsel Kamera 64 Megapiksel

Jika Realme UI ini sukses ke depannya, bisa jadi Realme akan benar-benar berdikari tanpa "embel-embel" Oppo. Termasuk Realme UI yang lepas dari basis sistem operasi ColorOS 7.0.

Sub-brand Oppo ini juga telah menggulirkan antarmuka Realme UI ke sebagian smartphone Realme 3 Pro beberapa hari lalu.

Ekspansi Realme UI kini pun makin meluas ke Realme XT. Pada awalnya, Realme XT yang rilis September 2019 lalu, menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dan masih dilapisi ColorOS 6.0.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fonearena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X