Oppo Find X2 Punya Layar Setara Ponsel Gaming?

Kompas.com - 20/01/2020, 18:01 WIB
Oppo Find X2 twitter.com/@leaks_techOppo Find X2

KOMPAS.com - Meski belum diketahui kapan akan diluncurkan, rumor soal Oppo Find X2 semakin banyak beredar di internet. Rumor terbaru menyebut layar Oppo Find X2 akan lebih tinggi spesifikasinya dibanding Oppo Find X yang rilis tahun 2018 lalu.

Salah satu pembocor info gadget asal China dengan akun Digital Chat Station membeberkan detail spesifikasi layar Oppo Find X2. Ia mengatakan, layar Oppo Find X2 akan beresolusi QHD Plus (3.168 x 1.440) dengan refresh rate 120 Hz.

Baca juga: Oppo F15 Resmi Diluncurkan, Berapa Harganya?

Artinya, layar tersebut akan "berkedip" atau me-refresh hingga 120 kali dalam satu detik. Dengan refresh rate 120Hz, visual gerakan di layar akan lebih mulus, terutama saat bermain game.

Karena itulah layar dengan refresh rate tinggi biasanya dipakai oleh ponsel gaming dan dijadikan salah satu fitur unggulan. 

Sebagai perbandingan, rata-rata, smartphone Android saat ini memiliki refresh rate 60Hz saja. Menariknya, refresh rate 120 Hz bisa dipilih, mau digunakan pada resolusi FHD Plus maupun dimaksimalkan ke resolusi QHD Plus.

Bisa juga diturunkan ke refresh rate 60 Hz, terlepas dari pilihan resolusinya. Tentunya, mengatur refresh rate 120Hz pada resolusi tertinggi QHD Plus memiliki dampak negatif, yakni daya tahan baterai yang cepat terkuras.

Baca juga: Oppo Pastikan Find X2 Tak Punya Kamera Selfie di Dalam Layar

Namun, memberikan opsi pengaturan refresh rate semacam ini menjadi poin plus untuk Oppo Find X2, apabila bocoran ini benar nantinya. Sebab, Galaxy S20 yang juga akan meluncur Februari mendatang, tidak memberikan opsi sebebas Oppo Find X, menurut bocoran terbaru.

Refresh rate 120Hz di Galaxy S20 kabarnya hanya bisa digunakan pada resolusi layar full HD Plus (2.160 x 1.080). Layar Oppo Find X2 akan berpanel OLED buatan Samsung dengan pinggiran layar melengkung (curved).

Kabarnya, Oppo Find X2 akan menggunakan desain lubang kamera atau punch hole, bukan under screen camera seperti yang telah lama dirumorkan selama ini.

Lubang tersebut terletak di pojok kiri atas untuk menampung kamera depan yang belum diketahui bagaimana konfigurasinya.

Baca juga: Pengguna Oppo, Vivo, dan Xiaomi Bakal Bisa Bertukar File dengan Mudah

Layarnya akan berdiagonal 6,5 inci. Sebagaimana Oppo Find X yang dirilis dua tahun lalu, penerusnya akan membawa spesifikasi kelas atas.

Selain layar, di sektor dapur pacu, Find X2 kabarnya akan menggunakan terbaru Qualcomm, Snapdragon 865 dan modem Snapdragon X55 untuk mendukung kemampuan 5G.

Oppo sudah memastikan bahwa Find X2 akan rilis tahun 2020, namun belum diketahui kapan jadwal pastinya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X