Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Akan Ingatkan Pengguna Jika Datanya Diakses Pihak Ketiga

Kompas.com - 21/01/2020, 06:57 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Persoalan privasi di Facebook banyak bersumber dari aplikasi pihak ketiga yang diberikan akses ke data pribadi pengguna.

Terkait dengan hal itu, untuk mempermudah pengguna dalam melacak ke mana saja datanya dibagikan, Facebook menggulirkan fitur baru bernama "Login Notifications".

Fitur ini bakal menampilkan notifikasi di aplikasi Facebook jika pengguna melakukan login ke suatu layanan pihak ketiga dengan menggunakan akun Facebook miliknya.

Baca juga: Kecewa pada Zuckerberg, Luke Skywalker Hapus Akun Facebook

Dalam jendela notifikasi ditampilkan informasi waktu login berikut akses ke data jenis mana saja yang diminta oleh pihak ketiga tersebut, misalnya, informasi soal nama, tanggal lahir, alamat e-mail, atau daftar teman.

Di sini juga terdapat tombol khusus bernama "Edit Settings" untuk menghapus hak akses aplikasi pihak ketiga tersebut terhadap data pribadi.

Login Notifications yang akan muncul pada e-mail penggunaFacebook Developers Login Notifications yang akan muncul pada e-mail pengguna

"Notifikasi mengingatkan pengguna bahwa mereka memiliki hak penuh atas data yang dibagikan ke pihak ketiga," tulis Facebook dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Selain di aplikasi Facebook, notifikasi yang sama soal akses data pihak ketiga juga akan dikirimkan ke alamat e-mail pengguna yang terdaftar di akun Facebook.

Memasuki 2020, Facebook mengatakan bakal melanjutkan eksperimen untuk menambah kendali pengguna atas data mereka, terutama yang berhubungan dengan login ke pihak ketiga.

Baca juga: Facebook Didenda Rp 70 Triliun Akibat Skandal Cambridge Analytica

Persoalan akses data oleh pihak ketiga ini sempat membuat geger seantero dunia saat skandal Cambridge Analytica mengemuka pada awal 2018.

Ketiga itu, perusahaan konsultasi politik tersebut mengumpulkan data pribadi jutaan pengguna Facebook -termasuk di Indonesia- lewat aplikasi pihak ketiga berupa kuis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com