Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Umumkan Snapdragon 720G, 662, dan 460

Kompas.com - 22/01/2020, 09:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah-tengah gempita 5G, Qualcomm tak melupakan konsumen gadget yang masih mengandalkan konektivitas 4G

Pabrikan system on chip (SoC) asal Amerika Serikat tersebut baru saja memperkenalkan tiga chip terbarunya, yakni Snapdragon 720G, Snapdragon 662, dan Snapdragon 460.

Trio Snapdragon ini menyasar konsumen ponsel papan tengah dan bawah, khususnya di pasaran yang sensitif harga seperti di India, China, dan Asia Tenggara.

Qualcomm memandang sebagian besar konsumen di wilayah-wilayah itu kemungkinan belum akan upgrade ke 5G dalam waktu dekat.

Baca juga: Qualcomm Resmikan Snapdragon 865 dan 765 dengan Dukungan 5G

Maka, Qualcomm pun memilih untuk meningkatkan kemampuan 4G di trio chip barunya, seperti menyematkan dukungan dual VoLTE di Snapdragon 720G.

Peningkatan lain dari ketiganya ada di sisi WiFi yang kini mendukung standar WiFi 6.
Ada juga peningkatan di sektor pemrosesan gambar yang didukung oleh kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Snapdragon 720G

Jika ditilik satu per satu, Snapdragon 720G bisa dikatakan menjadi chip paling tinggi di antara ketiganya. Chip ini merupakan upgrade dari Snapdragon 710/712.

Seperti Snapdragon 730G atau Snapdragon 765G, embel-embel huruf "G" di Snapdragon 720G menandai statusnya sebagai chip yang ditujukan untuk keperluan gaming.

Dengan demikian, chip ini nantinya akan mengotaki smartphone gaming yang menawarkan performa lebih baik dibanding pendahulunya.

Baca juga: Perbandingan Snapdragon 765G Vs Exynos 980, Mana yang Lebih Kencang?

Snapdragon 720G dibuat dengan fabrikasi 8nm dan menggunakan inti Kryo 465 terbaru. Dengan AI baru yang ditanamkan, Qualcomm menjanjikan peningkatan performa gaming, fotografi, dan asisten virtual yang lebih responsif.

Di sisi pemrosesan gambar juga akan didukung image signal processing (ISP) Spectra 360L yang bisa mempercepat pemrosesan gambar.

Snapdragon 720G juga mendukung layar refresh rate 120Hz. Kabarnya, Xiaomi menjadi salah satu vendor smartphone yang bersiap merilis ponsel dengan chip ini.

Snapdragon 662

Chip ini berada di antara Snapdragon 660 dan Snapdragon 665. Snapdragon 662 dibekali ISP Spectra 340T untuk pemrosesan gambar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com