Seperti Inilah Tampilan Dark Mode pada WhatsApp

Kompas.com - 22/01/2020, 12:46 WIB
Ilustrasi WhatsApp. IstIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - Mode gelap alias dark mode yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir pada platform WhatsApp. Mode ini resmi dirilis untuk WhatsApp Android versi Beta.

Dark mode menjadi salah satu fitur yang sangat dinanti setelah Instagram lebih dulu mendapatkan tema gelap beberapa waktu lalu.

Tampilan mode gelap di WhatsApp pun serupa dengan tema gelap di Instagram. Mode ini membuat tampilan WhatsApp didominasi warna hitam.

Hanya saja, padu padannya disesuaikan dengan ciri khas WhatsApp. Saat mode gelap aktif, warna gelap akan mendominasi seluruh tampilan WhatsApp, mulai dari beranda hingga ruang obrolan.

Baca juga: WhatsApp di Android Sudah Bisa Pakai Mode Gelap

Warna gelap tersebut dipadu dengan warna hijau yang jadi ciri khas WhatsApp di beberapa bagian seperti ikon "chat" yang ada di bagian bawah, bubble atau balon notifikasi, serta status saat mengetik.

Di dalam ruang obrolan, kolom teks pesan yang dikirim akan berwarna hijau, sementara kolom teks pesan diterima akan bewarna gelap.

Untuk pesan teks dan nama kontak yang tertera di beranda, akan berwarna putih. Tampilan WhatsApp dalam mode gelap kurang lebih seperti ini. 

Tampilan Mode gelap di WhatsAppKOMPAS.com Tampilan Mode gelap di WhatsApp
Cara mengaktifkannya pun tidak rumit. Pengguna cukup masuk ke menu "setting" (pengaturan), lalu pilih "chat" (percakapan). Nantinya akan muncul menu baru yakni "Theme" (tema).

Di dalam menu tersebut akan ada tiga opsi yakni "system default", mode terang, dan mode gelap. Jika ingin mengganti tema gelap, pilih opsi "dark" (gelap).

Baca juga: 5 Aplikasi Pesan Instan Ini Bisa Dicoba sebagai Alternatif WhatsApp

Namun perlu diingat, fitur ini baru dapat dinikmati pada WhatsApp Beta versi Android, tepatnya untuk versi 2.20.13.

Artinya tidak semua pengguna sudah bisa menjajal fitur ini. Namun, jika pensaran dengan mode gelap WhatsApp, bisa mencoba mengunduh file APK di tautan berikut.

Kendati demikian perlu diingat, ada risiko yang mengintai jika mengunduh atau memperbarui aplikasi melalui pihak ketiga semacam ini.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X