Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Berikan Estimasi Kapan B737 MAX Bisa Terbang Lagi

Kompas.com - 22/01/2020, 13:31 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Boeing

KOMPAS.com - Boeing mengumumkan estimasi baru kapan pesawat B737 MAX bisa terbang kembali. Menurut Boeing, pencabutan larangan terbang B737 MAX akan dilakukan pada pertengahan 2020.

Hal ini diumumkan Boeing dalam e-mail pemberitahuan kepada pelanggan dan pemasok rekanannya, Selasa kemarin.

"Estimasi terbaru ini berdasarkan pada proses sertifikasi yang berlangsung hingga kini, meski bisa berubah tergantung pada perkembangan lebih lanjut terkait proses sertifikasi," tulis  Boeing dalam pernyataannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Boeing Rekomendasikan Pilot 737 MAX Belajar di Simulator

Selain itu, masih ada faktor penilaian ketat yang dilakukan oleh regulator (FAA), dalam setiap tahapan pengujian sistem kontrol B737 MAX. Boeing juga menunggu hasil evaluasi tim evaluasi gabungan, dalam menentukan persyaratan kebutuhan training pilot.

Seperti diketahui, berdasar evaluasi internal Boeing setelah melakukan sesi simulasi di B737 MAX dengan software MCAS yang telah diperbarui, pabrikan pesawat AS itu kini merekomendasikan pilot-pilot B737 MAX belajar di simulator terlebih dahulu.

Sebelumnya, pilot-pilot yang akan menerbangkan B737 MAX hanya perlu mempelajari sistem lewat materi yang diberikan di iPad, yang bisa dipelajari dalam satu jam.

Baca juga: Boeing Sebut Lion Air Idiot karena Minta Training di Simulator B737 MAX

Larangan terbang B737 MAX di seluruh dunia sendiri kini sudah memasuki bulan ke-10. Menyusul dua kecelakaan yang dialami B737 MAX dalam kurun kurang dari enam bulan, yakni Lion Air JT610 dan Ethiopian ET302.

Boeing menyatakan mengerti dan menyesali kesulitan yang dihadapi oleh konsumen, regulator, supplier, dan publik pemerhati dunia penerbangan.

Boeing akan memberikan informasi tambahan tentang upaya mengembalikan B737 MAX agar bisa terbang kembali secara aman, dalam sesi laporan keuangannya pada minggu depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Boeing


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com