Boeing Berikan Estimasi Kapan B737 MAX Bisa Terbang Lagi

Kompas.com - 22/01/2020, 13:31 WIB
Pesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 mendarat di Boeing Field seusai menyelesaikan terbang pertamanya di Seattle Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui. AFP PHOTO/GETTY IMAGES/STEPHEN BRASHEARPesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 mendarat di Boeing Field seusai menyelesaikan terbang pertamanya di Seattle Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Boeing mengumumkan estimasi baru kapan pesawat B737 MAX bisa terbang kembali. Menurut Boeing, pencabutan larangan terbang B737 MAX akan dilakukan pada pertengahan 2020.

Hal ini diumumkan Boeing dalam e-mail pemberitahuan kepada pelanggan dan pemasok rekanannya, Selasa kemarin.

"Estimasi terbaru ini berdasarkan pada proses sertifikasi yang berlangsung hingga kini, meski bisa berubah tergantung pada perkembangan lebih lanjut terkait proses sertifikasi," tulis  Boeing dalam pernyataannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Boeing Rekomendasikan Pilot 737 MAX Belajar di Simulator

Selain itu, masih ada faktor penilaian ketat yang dilakukan oleh regulator (FAA), dalam setiap tahapan pengujian sistem kontrol B737 MAX. Boeing juga menunggu hasil evaluasi tim evaluasi gabungan, dalam menentukan persyaratan kebutuhan training pilot.

Seperti diketahui, berdasar evaluasi internal Boeing setelah melakukan sesi simulasi di B737 MAX dengan software MCAS yang telah diperbarui, pabrikan pesawat AS itu kini merekomendasikan pilot-pilot B737 MAX belajar di simulator terlebih dahulu.

Sebelumnya, pilot-pilot yang akan menerbangkan B737 MAX hanya perlu mempelajari sistem lewat materi yang diberikan di iPad, yang bisa dipelajari dalam satu jam.

Baca juga: Boeing Sebut Lion Air Idiot karena Minta Training di Simulator B737 MAX

Larangan terbang B737 MAX di seluruh dunia sendiri kini sudah memasuki bulan ke-10. Menyusul dua kecelakaan yang dialami B737 MAX dalam kurun kurang dari enam bulan, yakni Lion Air JT610 dan Ethiopian ET302.

Boeing menyatakan mengerti dan menyesali kesulitan yang dihadapi oleh konsumen, regulator, supplier, dan publik pemerhati dunia penerbangan.

Boeing akan memberikan informasi tambahan tentang upaya mengembalikan B737 MAX agar bisa terbang kembali secara aman, dalam sesi laporan keuangannya pada minggu depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boeing
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X