Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Netflix Bertambah 8 Juta dalam 4 Bulan

Kompas.com - 22/01/2020, 15:37 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Sepanjang kuartal IV-2019 atau empat bulan terakhir tahun 2019, jumlah pelanggan Netflix mengalami penambahan hingga 8,8 juta. Pencapaian ini melampaui perkiraan sebelumnya, yakni 7,6 juta pelanggan tambahan.

Sementara total jumlah pelanggan berbayar Netflix di seluruh dunia dilaporkan mencapai 167 juta. Dari jumlah tersebut, 100 juta pelanggan di antaranya berasal dari luar AS.

Soal pendapatan, pada kuartal IV-2019 lalu, Netflix melaporkan pendapatan mencapai 5,47 miliar dollar AS dan laba per sahamnya mencapai 1,30 dollar AS.

Baca juga: Kejar Pajak Netflix, Pemerintah Diminta Tiru Singapura

Laporan itu melampaui ekspektasi sebelumnya, di mana analis memprediksi pendapatan Netflix sekitar 5,45 miliar dollar AS dan EPS yang hanya diperkirakan mencapai 53 sen.

Netflix mengatakan kepada para pemegang sahamnya bahwa Netflix masih menjadi bisnis layanan yang potensial, seiring dengan berkurangnya masyarakat yang memilih untuk menonton televisi biasa di rumah.

"Lama waktu menonton setiap pelanggan mengalami pertumbuhan yang signifikan secara global. Di AS secara tahun ke tahun, tetap konsisten," tutur pihak Neflix seperti dirangkum KompasTekno dari techcrunch Rabu (22/1/20).

Walaupun laporan keuangan Netflix di kuartal IV-2019 ini terlihat memuaskan, namun Netflix perlu bersiap karena semakin banyak perusahaan layanan streaming yang akan bersaing. Beberapa di antaranya Disney+, Apple TV+, HBOMax, dan Peacock.

Berdasarkan laporannya, Netflix terus optimistis untuk tetap menjadi layanan streaming yang paling digemari para penontonnya.

Baca juga: Sejak 2016, Netflix Belum Pernah Bayar Pajak di Indonesia

Hal itu ditunjukkan Netflix dengan membandingkan data tren Google Search yang menunjukkan tingginya ketertarikan penonton terhadap original series miliknya, dibandingkan milik Disney+, Apple TV, dan Amazon.

Perbandingan ketertarikan jumlah penonton NetflixKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Perbandingan ketertarikan jumlah penonton Netflix

Tingkat ketertarikan penonton pada The Witcher original series milik Netflix lebih tinggi daripada Mandalorian di Disney+ atau Morning Show di Apple TV+ dan Jack Ryan di Amazon.

Baca juga: Telkom Ungkap Alasan Netflix Masih Diblokir

Meski perbandingan ini terasa kurang adil, khususnya kepada Disney+ yang baru ada di beberapa negara, namun Netflix memprediksi keadaannya akan tetap sama meskipun Disney+ mulai mengglobal.

"Apabila Disney+ mulai mengglobal, kami prediksi jika pertumbuhan tersebut akan tidak jauh berbeda dengan sekarang," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com