Tokopedia Incar Pendanaan Rp 20 Triliun sebelum IPO

Kompas.com - 22/01/2020, 18:39 WIB
- -

KOMPAS.com - Tokopedia dikabarkan sedang menyiapkan putaran pendanaan yang nilainya disebut bisa mencapai 1,5 miliar dollar AS (Rp 20,4 triliun), dari investor-investor mereka seperti Temasek, Alibaba, dan Softbank.

Lewat sesi pendanaan terbaru itu, valuasi Tokopedia diprediksi bakal melonjak menjadi antara 8 miliar hingga 9 miliar dollar AS (sekitar Rp 122 triliun).

Pada 2018 lalu, valuasi Tokopedia sendiri disebut mencapai 7 miliar dollar AS (sekitar Rp 95 triliun).

Namun sumber dalam yang dekat dengan permasalahan ini mengingatkan bahwa penghimpunan dana dan valuasi bisa saja berubah.

Temasek disebut bakal memimpin putaran pendanaan ini dengan investasi 500 juta dollar AS. Sementara investor Tokopedia saat ini, yakni SoftBank dan Alibaba akan bergabung untuk menghindari dilusi pada saham eksisting.

Menurut sumber tersebut, putaran pendanaan ini akan menjadi yang terakhir sebelum akhirnya Tokopedia akan melakukan IPO (penawaran saham perdana) di bursa saham.

Baca juga: Tokopedia Proyeksikan Nilai Transaksi Rp 222 Triliun Tahun Ini

Suntikan dana ini akan memberikan amunisi bagi Tokopedia untuk mendominasi pasar e-commerce di Asia Tenggara.

"Kami menggunakan kapital dan penghimpunan dana untuk mencari partner yang tepat dan mengakselerasi strategi bisnis kami," kata Presiden Tokopedia, Patrick Cao, dikutip KompasTekno dari Financial Times, Rabu (22/1/2020).

Pendanaan yang direncanakan Tokopedia diprediksi bisa memicu perlombaan kapital di pasar e-commerce di Indonesia, serupa dengan persaingan di segmen ride-hailing (Grab dan Gojek) pada tahun lalu.

Baca juga: Menkominfo Berandai CEO Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak Jadi Menteri

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X