Fitur App Drawer Xiaomi Mulai Tersedia untuk MIUI 11

Kompas.com - 26/01/2020, 14:03 WIB
Mi Note 10 Pro menjalankan Android 9 yang dilapisi antarmuka MIUI 11 terbaru dari Xiaomi. KOMPAS.com/Wahyunanda KusumaMi Note 10 Pro menjalankan Android 9 yang dilapisi antarmuka MIUI 11 terbaru dari Xiaomi.

KOMPAS.com - Kabar baik kini datang untuk para pengguna ponsel Xiaomi, khususnya mereka yang memiliki perangkat dengan sistem antarmuka MIUI 11.

Pasalnya, pabrikan ponsel asal China ini telah mengumumkan hadirnya fitur App Drawer pada perangkat yang sudah menjalankan MIUI 11 Global ROM.

App Drawer merupakan sebuah menu atau halaman pada sebuah smartphone, yang menampilkan kumpulan aplikasi yang terinstal pada perangkat.

Adapun aneka aplikasi di dalam laci tersebut bisa dilihat dengan mengusap layar home ke atas (swipe up).

Ini adalah untuk pertama kalinya fitur App Drawer hadir pada sistem antarmuka milik Xiaomi.

Sebagai informasi, ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI memang selama ini tak memiliki fitur app drawer.

Baca juga: Bos Xiaomi Indonesia Tanggapi Keluhan Mi Fans soal Iklan di MIUI

Alih-alih dikumpulkan di dalam sebuah menu khusus, deretan aplikasi yang terpasang bakal ditumpahkan di deretan layar desktop ponsel, mirip seperti jajaran aplikasi di ponsel iPhone.

Namun, pengguna bisa mengakalinya dengan menginstal aplikasi launcher pihak ketiga yang bertebaran di Play Store, salah satunya seperti Poco Launcher, Mi Launcher, dan lain sebagainya.

Selain menggelontorkan App Drawer secara global, Xiaomi juga telah telah merilis pembaruan system launcher untuk mendukung keberadaan App Drawer tersebut.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memilih untuk menggunakan App Drawer atau tidak. Sebab, App Drawer ini juga dapat dinonaktifkan melalui menu pengaturan.

Baca juga: Bos Xiaomi Indonesia Sebut MIUI 11 Terinspirasi dari Alam

Dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (26/1/2020). App Drawer pada MIUI 11 sebenarnya sudah hadir sejak akhir tahun 2019 lalu. Namun baru fitur tersebut baru tersedia untuk pengguna di wilayah China. 

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X