Samsung Bikin Fitur File Sharing Pesaing AirDrop

Kompas.com - 26/01/2020, 16:33 WIB
Galaxy S10 5G di terpajang di area utama Samsung dLight di Seoul, Korea Selatan. Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.comGalaxy S10 5G di terpajang di area utama Samsung dLight di Seoul, Korea Selatan.

KOMPAS.com - Tak ingin kalah dengan pesaingnya, kini Samsung tengah memersiapkan fitur untuk mengirim data yang mirip dengan AirDrop.

Fitur tersebut bernama Quick Share. Nantinya, fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna
ketika ingin melakukan transfer file antara dua ponsel Samsung.

Kehadiran fitur Quick Share ini pertama kali terungkap oleh situs teknologi XDA Developers. Quick Share diprediksi akan hadir pada flagship Samsung berikutnya yang akan datang.

Tampilan Quick Shareengadget.com Tampilan Quick Share
Seperti fitur file sharing pada umumnya, Quick Share akan aktif ketika dua ponsel diletakkan berdekatan. Dengan fitur ini, pengguna dapat saling bertukar file dengan lebih cepat.

fitur ini juga akan menawarkan dua pilihan untuk berbagi data yakni "Contacts-only"
yang memungkinkan untuk mentransfer data dengan pengguna Samsung Social lainnya yang terdapat di kontak.

Baca juga: Tanda-tanda Samsung Gunakan Nama Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus

Lalu opsi kedua adalah "Everyone" yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima file dari siapa pun yang memiliki perangkat yang didukung dan berada di dekat perangkat pengguna.

Meski dibilang mirip AirDrop, namun fitur ini memiliki perbedaan, yaitu adanya dukungan cloud yang artinya dapat memudahkan pengguna untuk mengunggah file ke Samsung Cloud.

Pengguna bisa mengunggah file yang akan dikirim ke dalam penyimpanan cloud dalam jangka waktu tertentu.

File tersebut juga dapat disambungkan ke perangkat Samsung Smart Things dan diunduh secara lokal.

Ukuran file yang dapat diunggah, dibatasi hingga 1 GB untuk satu file. Kemudian batas pengiriman yang dapat diunggah dalam sehari adalah maksimal 2 GB.

Kendati demikian, belum ada informasi lebih jelas terkait flagship Samsung apa yang akan menyediakan fitur Quick Share ini, namun rumornya fitur ini akan memulai debutnya pada seri Galaxy S20.

Baca juga: Jelang Peluncuran Galaxy S20, Harga Galaxy S10 di Indonesia Dipangkas

Untuk diketahui, bahwa fitur AirDrop sendiri pertama kali muncul pada perangkat besutan Apple yaitu iPhone.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (26/1/2020), fitur AirDrop ini juga menjadi salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh iOS hingga saat ini.

AirDrop sendiri merupakan fitur yang diciptakan untuk mengirim file antara dua iPhone dengan menggunakan kombinasi Wi-Fi dan Bluetooth.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X