Pasar Earphone Nirkabel Bakal Jadi Terbesar Kedua setelah Ponsel

Kompas.com - 27/01/2020, 16:23 WIB
Xiaomi membawa Mi True Wireless Earbuds Basic. Earbuds ini dibanderol dengan harga murah meriah. BILL CLINTEN/KOMPAS.comXiaomi membawa Mi True Wireless Earbuds Basic. Earbuds ini dibanderol dengan harga murah meriah.

KOMPAS.com - Perangkat audio pribadi seperti earphone dan headphone over ear, akan memiliki jumlah permintaan yang meningkat dalam tiga tahun ke depan. Bahkan, pasar earphone nirkabel diprediksi bakal menjadi pasar terbesar kedua setelah smartphone.

Setidaknya begitulah menurut laporan lembaga riset pasar Canalys yang dirilis pada Januari 2020 ini.

Berdasarkan laporan Canalys, bakal ada 3 miliar perangkat pintar (smart device) yang akan dikirimkan secara global hingga 2023 mendatang. Jumlah itu naik dibandingkan pada tahun 2019 yang hanya mencapai 2,4 miliar.

Baca juga: Huawei Pasarkan FreeBuds 3 di Indonesia, Earphone Wireless Pesaing AirPods

Dari jumlah tersebut, separuhnya atau 1,5 miliar, merupakan perangkat smartphone. Earphone nirkable seperti true wireless stereo (TWS) hingga headphone over-ear, menjadi perangkat terbesar kedua sebanyak 726 juta unit.

Untuk 2020 sendiri, Canalys memperkirakan pengiriman produk audio pribadi ini akan mencapai 490 juta unit, hal ini diharapkan menunjukkan pertumbuhan 32,1 persen dibandingkan tahun lalu.

Apabila ingin mengetahui pertumbuhannya secara tahunan, Anda dapat melihatnya melalui gambar di bawah ini.

Prediksi permintaan Earphones Bluetooth di 2023KOMPAS/Putri Zakia Salsabila Prediksi permintaan Earphones Bluetooth di 2023

Sumbu horizontal dalam gambar menunjukkan perbandingan pertumbuhan 2019 hingga 2020, sementara sumbu vertikal menunjukkan pertumbuhan perangkat jangka panjang dari 2018 hingga 2023.

Baca juga: Sony Bicara Pasar Earphone Kabel versus Wireless di Indonesia

Setelah earphone nirkabel, kategori dengan pertumbuhan tercepat kedua adalah smart speaker dan gadget yang berukuran besar, seperti laptop dan PC. Kategori ini diprediksi akan memiliki pertumbuhan pengiriman 21,7 persen dengan jumlah 194 juta unit tahun ini.

Pada 2023, Canalys juga memprediksi gadget smart speaker akan sepopuler gelang pintar atau smartband. Bisnis AirPod dan Apple Watch diperkirakan juga bakal melampaui pendapatan Mac dan iPad di akhir tahun ini.



Sumber gsmarena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X