Hoaks Virus Corona Merebak, Ini Imbauan Menkominfo

Kompas.com - 29/01/2020, 09:02 WIB
Pengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang. AFP/ANTHONY WALLACEPengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang.

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada masyarakat, untuk bijak dalam memilih serta mengonsumsi informasi soal virus Corona melalui media sosial.

“Kami melalui Drone Kominfo telah memonitor adanya penyebaran hoaks dan dis-informasi terkait dengan Virus Corona ini,” ujarnya dalam acara Konferensi Pers yang digelar di Kantor Kemenko PMK, Selasa (28/01/2020).

Johnny meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan masalah Virus Corona dengan masalah-masalah lain yang akan berdampak luas dan negatif terhadap negara di semua sektor.

 Baca juga: Startup Inilah yang Pertama Kali Mendeteksi Penyebaran Virus Corona

Tak hanya itu, Johny meminta kepada semua orang untuk tetap mengacu kepada institusi resmi tentang Corona.

“Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya yang hanya disampaikan oleh institusi resmi," tegasnya.

Selain itu, Johnny juga menegaskan bahwa pemerintah mengambil beberapa langkah cara diseminasi informasi.

“Yang pertama tentu terkait dengan gejala-gejala klimis yang akan disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. Penangan penyebaran Virus terhadap masyarakat maupun petugas-petugas medisnya. Yang ketiga, tentu langkah-langkah pemerintah,” jelasnya.

Baca juga: Pantau Persebaran Virus Corona Lewat Peta Online Ini

Namun, Johnny tidak menuturkan secara jelas apa saja langkah-langkah tersebut.

Johnny dengan optimistis menyampaikan bahwa memang sampai saat ini belum ada penyebaran Virus Corona di Indonesia.

Karena itu, Ia berharap agar masyarakat mengacu kepada institusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini.

“Salah menangani, dampaknya sangat luas,” tuturnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X