Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Ganggu Produksi iPhone 9 dan AirPods

Kompas.com - 30/01/2020, 08:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Perhatian dunia tengah tertuju pada China. Persebaran virus corona yang semakin meluas kini mulai berdampak pada sektor industri dan bisnis.

Apple pun kini mulai merasakan dampak virus tersebut. Wabah virus corona membuat produksi sejumlah perangkat Apple terganggu.

Hal tersebut disebabkan persebaran virus yang sudah sampai ke wilayah Provinsi Hubei, China. Ada sekitar 100 orang yang terjangkit virus corona di sana.

Wilayah ini berdekatan dengan Provinsi Henan dan Provinsi Guangdong di mana Apple memiliki sejumlah fasilitas produksi yang besar di kedua wilayah tesebut.

Menurut seorang sumber terdekat, hal inilah yang membuat produksi iPhone 9 terganggu. Apalagi pemerintah China telah mengeluarkan perintah agar masyarakat tetap berada di dalam rumah.

Alhasil sejumlah pabrik pun harus ditutup sementara demi meminimalisasi persebaran dari virus corona ini.

Baca juga: Pabrik Foxconn dan Samsung Ditutup Sementara akibat Virus Corona

Beberapa pabrik yang ditutup karena wabah corona ini termasuk Foxconn dan Samsung yang berada di wilayah Kota Suzhou yang terletak di sebelah barat Shanghai.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (29/1/2020), tak hanya iPhone 9, sumber tersebut juga mengatakan bahwa produksi AirPods juga turut terganggu.

Kendati demikian ia tak menyebutkan seberapa besar potensi kerugian Apple jika produksi kedua perangkat mengalami keterlambatan. Apple sendiri memiliki setidaknya 10.000 pegawai di China.

Baca juga: Dua Kompetisi Game Ditunda Gara-gara Wabah Virus Corona

Apple juga disinyalir akan meluncurkan produk barunya dalam waktu dekat. Apple disebut akan memulai produksi secara massal iPhone 9 pada Februari dan menjual perangkat ini pada Maret mendatang.

Pihak Apple pun belum memberi keterangan lebih lanjut terkait hal ini. Analis pun mengungkapkan bahwa jika rantai pasokan Apple terganggu oleh virus ini, maka hal ini akan menimbulkan kekhawatiran bagi investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com