Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Bikin Server "PUBG Mobile" di China "Down"

Kompas.com - 30/01/2020, 09:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virus corona ternyata sempat membuat server game milik Tencent "down". Sebagian besar masyarakat China beristirahat di rumah dan dikarantina, salah satu kegiatan yang dilakukan selama berdiam diri di rumah itu adalah bermain game.

Ternyata, dengan melonjaknya jumlah pemain yang login saat akhir pekan lalu, mengakibatkan server Game of Peace, (di versi global dikenal sebagai PUBG Mobile), mengalami penurunan layanan alias down.

Salah satu pemain Game of Peace, Tiyuxiaoqiao di jejaring sosial Weibo mengaku bahwa dirinya sempat tidak bisa mengakses game battle royale ini.

"Tak jadi nonton film, drama, kumpul-kumpul, mandi di pemandian air panas. Cuma ingin main game, tapi (servernya) collapse," tulis Tiyuxiaoqiao.

Baca juga: Virus Corona Ganggu Produksi iPhone 9 dan AirPods

Menurut pengamat industri, lonjakan traffic yang dialami Game of Peace juga disebabkan oleh masa liburan Tahun Baru Imlek. Mengingat perayaan ini menjadi hari libur nasional rakyat China.

Meski begitu, akibat luasnya penyebaran virus Corona, menyebabkan banyak masyarakat yang memilih berdiam diri di dalam rumah, sembari bermain game.

Mengetahui masalah itu, Tencent segera menanggapi keluhan para gamer dengan memperbaiki server, dan berencana meningkatkan kapasitas.

"Antusiasme pemain sangat luar biasa, sehingga server down bisa terjadi," ungkap Tencent, dikutip KompasTekno dari AbascusNews, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Pabrik Foxconn dan Samsung Ditutup Sementara akibat Virus Corona

Setelah melakukan perbaikan, perusahaan game berbasisi di Shenzhen itu pun memberikan "item in game" secara gratis sebagai kompensasi, termasuk kostum "crazy rabbit pajamas".

Tencent sendiri juga telah berkontribusi terhadap penanggulangan virus Corona yang penyebarannya berpusat di Wuhan, dengan menyumbang 300 juta Yuan atau sekitar Rp 590 miliar untuk membantu pasokan medis.

Game of Peace sendiri merupakan game battle royale yang menurut App Annie, merupakan game terbesar kelima di dunia berdasar jumlah pemain. Untuk versi global, game ini lebih dikenal dengan judul PUBG Mobile.

Baca juga: Pantau Persebaran Virus Corona Lewat Peta Online Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com