Hoaks Virus Corona, dari Bisa Menular Lewat HP Xiaomi hingga Bawang Putih untuk Menyembuhkan

Kompas.com - 30/01/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax

KOMPAS.com - Pandemik virus Corona yang semakin menyebar luas menjadi momok bagi seluruh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.

Meskipun Indonesia belum masuk dalam negara terindikasi virus Corona, namun masyarakatnya tetap khawatir akan sebaran virus yang berasal dari Wuhan, Hubei, China tersebut.

Sayangnya, kekhawatiran ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak usil yang sengaja menyebarkan hoaks atau berita palsu. Tujuannya tak lain adalah untuk menyebar ketakutan di masyarakat.

Hoax ini pun merajalela di berbagai platform, termasuk platform layanan pesan instan WhatsApp. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menepis beberapa hoaks soal virus Corona yang beredar di media sosial maupun layanan pesan instan.

Baca juga: Hoaks Virus Corona Merebak, Ini Imbauan Menkominfo

1. Penyembuhan virus Corona dengan bawang Putih

Sebuah kabar beredar menginformasikan bahwa bawang putih diklaim bisa menyembuhkan virus Corona. Namun faktanya, klaim ini tidak benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr. Dirga Saktu Rambe, SpPD, hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menyembuhkan atau menepis virus Corona.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan, dr. Wiendra Waworuntu, menegaskan belum ada vaksin atau obat untuk virus Corona strain baru ini.

2. Virus Corona menyebar lewat Ponsel Xiaomi

Sebuah tweet beredar di Twitter yang mengatakan bahwa virus Corona menyebar lewat ponsel Xiaomi yang dibuat di China.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.