Sebanyak 1,6 Miliar Orang Rutin Buka Facebook Setiap Hari

Kompas.com - 30/01/2020, 15:01 WIB
Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat. AFP PHOTO/LOIC VENANCEGambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Semakin lama ada semakin banyak orang yang memakai Facebook. Dalam laporan kinerjanya untuk kuartal-IV 2019, media sosial terbesar di dunia itu menyebutkan sudah memiliki 1,6 miliar pengguna aktif harian (daily active users, DAU).

Artinya, sebanyak 1,6 miliar orang di seluruh dunia setiap hari rutin membuka Facebook. Proporsi terbesarnya, sebanyak 641 juta, berasal dari wilayah Asia Pasifik yang turut mencakup Indonesia.

Baca juga: Donald Trump Sebut Pendiri Facebook Akan Jadi Calon Presiden AS

Kemudian, jumlah pengguna aktif harian Facebook di urutan kedua terbanyak berasal dari Eropa, sebesar 294 juta, disusul Amerika Serikat dan Kanada sebesar 190 juta. Sebanyak 532 juta sisanya berasal dari belahan dunia lain.

laporan jumlah pengguna harian facebook Kuartal 4 2019Facebook laporan jumlah pengguna harian facebook Kuartal 4 2019

Sementara itu, untuk jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users, MAU) Facebook secara keseluruhan mencapai 2,5 miliar pengguna pada kuartal-IV 2019.

Jumlah terbanyaknya lagi-lagi berasal dari wilayah Asia Pasifik yang mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Kamis (30/1/2020).

Sedangkan, wilayah Eropa hanya mencatat 394 juta pengguna aktif bulanan dan AS serta Kanada mencapai 248 juta pengguna.

Laporan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di kuartal 4/2019Facebook Laporan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di kuartal 4/2019

 

Namun, dalam laporannya Facebook tidak merinci pembagian jumlah pengguna yang berasal dari wilayah-wilayah dunia lain di luar Asia Pasifik, Eropa, serta AS dan Kanada.

Baca juga: Hindari Virus Corona, Facebook dan Razer Larang Karyawan ke China

Facebook menegaskan bahwa jumlah pengguna tersebut adalah jumlah murni para pengguna aplikasi Facebook dan tidak termasuk jumlah pengguna anak usahanya seperti Instagram atau WhatsApp.

Laporan kinerja Facebook selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X