Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 1,6 Miliar Orang Rutin Buka Facebook Setiap Hari

Kompas.com - 30/01/2020, 15:01 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin lama ada semakin banyak orang yang memakai Facebook. Dalam laporan kinerjanya untuk kuartal-IV 2019, media sosial terbesar di dunia itu menyebutkan sudah memiliki 1,6 miliar pengguna aktif harian (daily active users, DAU).

Artinya, sebanyak 1,6 miliar orang di seluruh dunia setiap hari rutin membuka Facebook. Proporsi terbesarnya, sebanyak 641 juta, berasal dari wilayah Asia Pasifik yang turut mencakup Indonesia.

Baca juga: Donald Trump Sebut Pendiri Facebook Akan Jadi Calon Presiden AS

Kemudian, jumlah pengguna aktif harian Facebook di urutan kedua terbanyak berasal dari Eropa, sebesar 294 juta, disusul Amerika Serikat dan Kanada sebesar 190 juta. Sebanyak 532 juta sisanya berasal dari belahan dunia lain.

laporan jumlah pengguna harian facebook Kuartal 4 2019Facebook laporan jumlah pengguna harian facebook Kuartal 4 2019

Sementara itu, untuk jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users, MAU) Facebook secara keseluruhan mencapai 2,5 miliar pengguna pada kuartal-IV 2019.

Jumlah terbanyaknya lagi-lagi berasal dari wilayah Asia Pasifik yang mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Kamis (30/1/2020).

Sedangkan, wilayah Eropa hanya mencatat 394 juta pengguna aktif bulanan dan AS serta Kanada mencapai 248 juta pengguna.

Laporan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di kuartal 4/2019Facebook Laporan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di kuartal 4/2019

 

Namun, dalam laporannya Facebook tidak merinci pembagian jumlah pengguna yang berasal dari wilayah-wilayah dunia lain di luar Asia Pasifik, Eropa, serta AS dan Kanada.

Baca juga: Hindari Virus Corona, Facebook dan Razer Larang Karyawan ke China

Facebook menegaskan bahwa jumlah pengguna tersebut adalah jumlah murni para pengguna aplikasi Facebook dan tidak termasuk jumlah pengguna anak usahanya seperti Instagram atau WhatsApp.

Laporan kinerja Facebook selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com