Facebook Luncurkan Tombol untuk Hapus Riwayat Pengguna di Website Lain

Kompas.com - 30/01/2020, 19:58 WIB
Ilustrasi facebook. SHUTTERSTOCKIlustrasi facebook.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah hadir lebih dahulu di sejumlah negara, Facebook akhirnya merilis fitur Off-Facebook Activity untuk semua pengguna. 

Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi dengan cara menghapus riwayat aktivitas di sejumlah situs yang terhubung dengan akun pengguna selama berjejaring sosial lewat Facebook.

Fitur ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Privasi Data yang jatuh pada 28 Januari kemarin dan menjadi salah satu upaya Facebook untuk menciptakan sistem privasi yang lebih transparan di platform-nya.

Menurut CEO Facebook, Mark Zuckerberg, Off-Facebook Activity fitur ini dapat mempermudah pengguna untuk melihat siapa saja yang dapat melihat informasi profil miliknya. Termasuk website lain yang terhubung dengan akun tersebut.

"Bisnis lain mengirimi kami informasi tentang aktivitas Anda di situs mereka, dan kami menggunakan informasi tersebut untuk menampilkan iklan yang relevan bagi Anda. Sekarang Anda dapat melihat ringkasan informasi itu dan menghapusnya dari akun Anda jika mau," tulis Zuckerberg.

Baca juga: Hindari Virus Corona, Facebook dan Razer Larang Karyawan ke China

Dirangkum KompasTekno dari Facebook News, Kamis (30/1/2020), fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus satu atau seluruh data dan riwayat aktivitas di aplikasi pihak ketiga, atau website lain yang terhubung dengan akun Facebook.

Facebook saat ini memang mengandalkan sejumlah informasi yang dikirim oleh platform pihak ketiga untuk menampilkan iklan yang relevan bagi pengguna.

Sehingga, dengan menghapus riwayat aktivitas tersebut, pengguna bisa mengurangi iklan yang dianggap tidak relevan atau tidak sesuai dengan minat mereka.

Cara menghapus riwayat

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (settings) melalui tombol burger (tiga garis menumpuk) di sebelah kanan atas aplikasi Facebook.

Cara menghapus aplikasi yang terhubung dengan Facebook.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menghapus aplikasi yang terhubung dengan Facebook.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X