Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai di Ponsel Android dan iOS Lawas

Kompas.com - 01/02/2020, 08:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai hari ini, tepatnya 1 Februari 2020, WhatsApp resmi menghentikan dukungannya untuk sejumlah ponsel Android dan iPhone. Terutama adalah ponsel Android dan iPhone yang dijalankan dengan sistem operasi lawas.

Kebijakan ini diumumkan WhatsApp dalam blog resminya. Dalam pengumuman tersebut, WhatsApp menghentikan dukungannya untuk iOS 8 dan versi lebih lawas per hari ini.

Apabila iPhone masih menjalankan sistem operasi ini, WhatsApp menyarankan untuk segera update ke iOS 9 atau yang lebih baru.

"Kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponsel Anda. Silakan kunjungi situs web dukungan Apple untuk mempelajari cara memperbarui perangkat lunak iPhone Anda," tulis pihak WhatsApp.

Baca juga: Waspadai 3 Modus Penipuan Lewat WhatsApp Berikut Ini

Sekadar informasi, iOS 8 pertama kali hadir di iPhone 4. Tidak ada salahnya, pengguna iPhone 4 atau iPhone yang lebih lawas, segera mengecek versi iOS di perangkat.

Tidak hanya pengguna iPhone. WhatsApp juga menghentikan dukungannya untuk beberapa ponsel Android.

Perangkat Android yang masih menjalankan versi 2.3.7 Gingerbread tidak akan lagi mendapat dukungan WhatsApp mulai hari ini. Pengguna bisa segera memperbarui sistem operasi smartphone mereka ke versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau di atasnya.

Sebelumnya, WhatsApp telah menghentikan seluruh dukungannya untuk Windows Phone mulai 31 Desember 2019.

Cara cek versi sistem operasi

Sebelum melakukan update, pengguna bisa mengecek dulu sistem operasi yang berjalan di perangkatnya. Untuk ponsel Android, pengecekan bisa dilakukan dengan membuka menu "setting", kemudian buka "tentang ponsel", lalu pilih "software information".

Baca juga: Seperti Inilah Tampilan Dark Mode pada WhatsApp

Kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda di masing-masing merek ponsel Android. Sementara untuk iOS, bisa membuka menu "setting", kemudian pilih "general", lalu pilih "software update".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com