Google Luncurkan Tangi, Aplikasi Video Mirip TikTok

Kompas.com - 03/02/2020, 07:03 WIB
Tampilan aplikasi berbagi video, Tangi di Appstore KOMPAS/Putri Zakia SalsabilaTampilan aplikasi berbagi video, Tangi di Appstore

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Google, merilis sebuah platform baru. Platform tersebut dapat digunakan untuk berbagi video pendek mirip TikTok.

Platfom bernama Tangi ini menyediakan layanan untuk berbagi konten video dengan durasi sekitar 1 menit. Tangi, merupakan platform yang dirancang oleh Area 120, proyek inkubasi milik Google.

Artinya, Tangi merupakan sebuah eksperimen. Saat ini Tangi pun baru dapat dicoba oleh para pengguna iOS dan belum tersedia untuk Android.

Meski punya konsep yang mirip dengan TikTok, ada sedikit perbedaan pada konten di dalamnya. Tangi lebih banyak menyediakan video berupa tutorial untuk membantu pengguna dalam mempelajari sesuatu.

"Kami hanya fokus pada konten DIY (Do it Your self) dan konten kreativitas. Tujuan dari platform kami adalah untuk menolong orang belajar memasak, membuat sesuatu dengan bantuan video berdurasi 1 menit," ungkap Coco Mao, pendiri Tangi.

Baca juga: TikTok Uji Coba Aplikasi Musik Ala Spotify di Indonesia

Mao pun mengatakan bahwa Tangi dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menemukan banyak video tutorial yang berkualitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun bercerita bahwa pembuatan Tangi terinspirasi dari kejadian yang ia alami.

Kala itu, Mao berkunjung ke rumah orang tuanya di Shanghai, China. Ia mendapati orang tuanya seringkali menonton video tutorial melukis dan fotografi melalui smartphone-nya.

Dari situlah ia kemudian mendapatkan ide untuk membuat Tangi.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (3/2/2020) selain durasi video, perbedaan antara Tangi dengan platform berbagi video lainnya adalah adanya tombol "Try It".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.