Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Baru Steam, 18 Juta Online Bareng tapi Cuma 6 Juta yang Main Game

Kompas.com - 03/02/2020, 16:43 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Eurogamer

KOMPAS.com - Platform distribusi game besutan Valve, Steam baru saja mencatat rekor terbaru terkait jumlah pengguna yang online.

Steam menyebut jumlah pengguna layanan mereka yang online secara bersamaan (concurrent) sempat menembus angka 18,8 juta atau tepatnya 18.801.944.

Rekor tersebut tercatat pada 2 Februari 2020 sekitar pukul dua siang waktu Inggris.

Angka tersebut mengalahkan rekor jumlah concurrent user pada 14 Januari 2018 silam yang tercatat di angka 18.537.490.

"Steam telah memecahkan rekor untuk jumlah pengguna yang online secara bersaamaan setelah dua tahun," ujar pihak Steam di akun Twitter perusahaan. 

Meski begitu, jumlah pengguna yang sedang bermain game (in-game) ternyata kurang dari setengah jumlah pemain yang sedang online, yakni hanya 5.956.978 pengguna saja.

Bahkan, jumlah tersebut lebih kecil dibanding jumlah pengguna in-game pada Januari 2018 silam yang tercatat di angka 7.188.164 pemain.

Tidak disebutkan apa yang sebenarnya yang mendorong para pengguna Steam ini berbondong-bondong log-in ke platform tersebut.

Baca juga: Dua Game Horor Indonesia Siap Meluncur di Steam

Menurut analisis Eurogamer dan dikutip KompasTekno, Senin (3/2/2020), saat rekor tersebut pecah sebagian besar pengguna sedang memainkan game, seperti Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Dota 2, Player Unknown's Battleground (PUBG), Grand Theft Auto 5, hingga Monster Hunter: World.

Namun, pengguna yang online di sejumlah game-game tersebut ternyata tidak mencapai tiga juta gamer.

Sehingga, kemungkinan sejumlah user yang tidak di dalam game di atas hanya menjelajah platform Steam saja, misalnya mengunjungi Steam Store untuk berburu game yang sedang dipangkas harganya.

Baca juga: Jelang Peluncuran Game Anyar, Valve Gratiskan Half-Life Seri Lawas

Mereka juga bisa jadi sedang memanfaatkan promosi aneka game lawas bikinan Valve yang tengah digratiskan menjelang peluncuran Half-Life: Alyx, seperti Half-Life 1, Half-Life 2, dan beberapa game lainnya.

Kini, pantauan KompasTekno di halaman SteamDB, Senin (3/2/2020) pukul 14:00 WIB, jumlah pengguna Steam yang online secara bersamaan menurun ke angka 11 juta, dengan jumlah pengguna yang sedang in-game mencapai sekitar dua juta user.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eurogamer


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com