Pasokan iPhone Diprediksi Menurun gara-gara Virus Corona

Kompas.com - 04/02/2020, 07:04 WIB
Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comLogo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Analis pasar ternama, Ming-Chi Kuo, memprediksi iPhone akan mengalami penurunan jumlah pengiriman pada kuartal pertama (Q1) 2020. Kuo mengatakan, angka penurunan tersebut akan mencapai 10 persen.

Turunnya jumlah pengiriman ini tak lain disebabkan oleh wabah virus corona yang tengah merebak di China dalam beberapa waktu terakhir.

Analis dari firma riset TFSecurities ini jugamemprediksi bahwa pengiriman iPhone akan mencapai angka serendah-rendahnya 36 juta unit. Jumlah ini menurun dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 38 juta unit. 

Penurunan ini diduga disebabkan oleh terhambatnya rantai pasokan iPhone. Pemerintah China baru-baru ini memang meminta agar masyarakat tetap berada di rumah.

Karena itulah sejumlah pabrik yang menyuplai komponen dan merakit perangkat Apple juga ditutup gara-gara persebaran virus corona.

Baca juga: Facebook dan Instagram Batasi Persebaran Konten Hoaks Virus Corona

Dalam catatannya, Kuo juga mengatakan bahwa jumlah pengiriman smartphone di China telah menurun sebanyak 50 hingga 60 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kendati demikian Kuo tidak membeberkan seberapa besar hal ini akan berdampak pada pendapatan yang diperoleh Apple.

"Sekarang sulit untuk memprediksi berapa jumlah pengiriman pada kuartal kedua 2020, karena ketidakpastian epidemi virus corona dan kepercayaan konsumen," kata Kuo.

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Selasa (4/2/2020), Apple sendiri saat ini menutup seluruh kantor dan toko fisiknya yang tersebar di China hingga 9 Februari mendatang.

Selain itu pada pekan lalu, pemerintah China mulai menutup sejumlah pabrik smartphone di beberapa wilayah di China. Salah satunya adalah pabrik milik Foxconn yang merupakan vendor perakit ponsel iPhone.

Baca juga: Apple Tutup Semua Toko di China

Produksi iPhone 9 yang konon akan dirilis dalam waktu dekat pun dikabarkan terganggu karena virus tersebut.

Tak hanya Apple, sejumlah perusahaan teknologi pun terkena dampak dari persebaran virus corona ini. Contohnya Google yang harus menutup empat kantornya yang ada di China.

Perusahaan lain seperti Facebook, LG, hingga Razer pun telah melarang karyawannya untuk bepergian ke wilayah China.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X