Stephen King Hapus Akun Facebook "5,6 Juta Follower" Miliknya

Kompas.com - 04/02/2020, 09:28 WIB
Penulis legendaris Stephen King sangat kritis terhadap kebijakan Facebook dan iklan mereka. Kenzo Tribouillard / AFP melalui Getty ImagesPenulis legendaris Stephen King sangat kritis terhadap kebijakan Facebook dan iklan mereka.

KOMPAS.com - Jelang pemilihan umum AS tahun 2020, penulis legendaris, Stephen King menghapus akun Facebook miliknya. Hal tersebut Ia lakukan karena kecewa atas regulasi iklan politik yang diterapkan Facebook.

Penulis yang memiliki 5,6 juta pengikut di Facebook itu khawatir atas risiko penyebaran privasi di media sosial dan kebijakan Facebook yang membolehkan penyebaran iklan politik yang tidak benar.

"Saya keluar dari Facebook, (saya) tidak nyaman dengan banjirnya informasi-informasi salah yang diperbolehkan dalam iklan politik di sini," tulis King melalui akun Twitter pribadinya. 

Selain kecewa dengan kebijakan iklan politik yang ada di Facebook, Ia juga meragukan kemampuan Facebook dalam melindungi privasi para pengguna.

Ini bukan pertama kalinya seorang tokoh besar menghapus akun Facebook karena kecewa atas kebijakan iklan politik.

Baca juga: Facebook dan Instagram Batasi Persebaran Konten Hoaks Virus Corona

Sebelumnya, aktor pemeran Luke Sywalker di film Star Wars, Mark Hamill, juga melakukan hal serupa.

Ia mengaku geram kepada Mark Zuckerberg yang masih memertahankan iklan politik di jejaring sosial buatannya.

Selain Stephen King, keberadaan iklan politik juga mendapat kecaman dari pihak internal Facebook sendiri.

Pada akhir tahun 2019 lalu, sebanyak lebih dari 250 pegawai Facebook menandatangani sebuah petisi yang menolak keberadaan iklan politik.

Menurut mereka, iklan-iklan tersebut kerap digunakan politisi sebagai sebuah "senjata" untuk menghujani para pengguna Facebook dengan informasi yang salah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X