Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Pensiunkan Tampilan Klasik Bulan Depan

Kompas.com - 06/02/2020, 10:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Mulai Maret 2020, tampilan antarmuka klasik alias lawas pada YouTube akan dipensiunkan. Pengguna yang masih menggunakan tampilan tersebut, akan diberi pemberitahuan untuk beralih ke tampilan yang baru.

YouTube saat ini diketahui memang masih mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan antarmuka yang lebih baru dan tetap menggunakan tampilan klasik alias lawas.

Menurut pihak YouTube, tampilan lawas tersebut kini telah kehilangan sejumlah fitur penting. Oleh karena itulah pengguna yang masih betah dengan tampilan YouTube klasik, disarankan agar segera beralih ke tampilan terkini.

Nantinya, pengguna yang masih menggunakan antarmuka lawas akan mendapati pemberitahuan bertuliskan "Switch to the new YouTube".

Pemberitahuan tersebut muncul untuk menyarankan pengguna agar beralih ke tampilan YouTube baru serta memberitahukan informasi kecocokan browser yang digunakan dengan aplikasi YouTube terkini.

Baca juga: Pertama Kalinya Google Umumkan Pendapatan YouTube

"Memasuki tahun 2020, versi (tampilan) yang lebih lama kehilangan banyak fitur baru dan sejumlah peningkatan desain yang kami perkenalkan selama 3 tahun terakhir. Itulah kenapa (tampilan) versi lama akan hilang mulai Maret dan Anda hanya akan dapat mengakses tampilan YouTube terbaru," tulis pihak YouTube.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (6/2/2020), selama beberapa tahun terakhir, Youtube memang telah beberapa kali mengubah tampilan antarmuka versi desktopnya.

Terakhir kali YouTube melakukan perombakan adalah pada 2017 lalu dengan menerapkan Material Design ala Google. Tampilan itulah yang sampai saat ini kita kita lihat ketika membuka halaman YouTube.

YouTube juga dalam beberapa waktu terakhir merilis sejumlah fitur dan pembaruan terkini. Salah satunya adalah mode gelap alias "dark mode" pada tampilan antarmuka platform-nya.

Mode gelap cukup banyak mendapatkan respon positif dari pengguna karena lebih nyaman digunakan ketika berada di dalam ruangan yang minim cahaya.

Baca juga: Iklan YouTube yang Ditonton Kurang dari 30 Detik, Gratis

Cara untuk menggunakan fitur ini pun sangatlah mudah. Untuk pengguna Android dan iOS, cukup melakukan pembaruan aplikasi YouTube ke versi yang paling terbaru.

Setelah itu masuk ke Settings dan opsi General. Di sana pengguna akan menemukan pilihan untuk mengaktifkan mode gelap pada YouTube.

Bagi pengguna versi desktop, cukup mengklik ikon atau foto profil Anda yang terletak pada bagian kanan atas layar PC. Setelahnya, Anda dapat menekan toggle pada menu "Dark Theme".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com