Konsep Ponsel Lipat Apple Tidak Pakai Layar yang Bisa Ditekuk

Kompas.com - 06/02/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi mekanisme lipatan di ponsel lipat Apple yang tampak bisa digabungkan dengan komponen penutup (flaps). MacrumorsIlustrasi mekanisme lipatan di ponsel lipat Apple yang tampak bisa digabungkan dengan komponen penutup (flaps).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Bekas kerutan di layar (crease) yang muncul akibat sering dilipat dan dibentangkan memang masih menjadi masalah lumrah untuk perangkat seperti smartphone lipat. Namun, Apple kini punya solusi untuk mengatasi masalah yang menjengkelkan itu.

Hal tersebut dituangkan di dalam sebuah dokumen paten milik Apple bertajuk "Electronic devices with flexible displays and hinges" yang tersiar di dunia maya belakangan ini. 

Dokumen paten itu sebenarnya sudah diajukan oleh Apple ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) sejak 9 Agustus 2016 lalu, namun baru dirilis USPTO 4 Februari lalu.

Dalam dokumen paten tersebut, Apple menyertakan sebuah konsep ponsel lipat unik yang layarnya tidak akan mengerut jika dilipat berkali-kali. Bagaimana bisa?

Ponsel lipat yang dijelaskan di dalam paten ini mengusung dua layar yang terpisah, bukan satu layar besar yang bisa dilipat, seperti Samsung Galaxy Fold, Huawei Mate X, atau Motorola Razr (2019).

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Ketika dibentangkan, kedua panel ini bisa tersambung berkat sebuah komponen penutup (flaps) yang diposisikan di antara kedua layar tadi sehingga tampil menyatu secara keseluruhan.

Ponsel lipat Apple yang punya komponen penutup (flaps) dilihat dari berbagai sisi.Macrumors Ponsel lipat Apple yang punya komponen penutup (flaps) dilihat dari berbagai sisi.

Nah, ketika perangkat tersebut dilipat, komponen flaps ini akan ditarik ke bawah dan mengisi ruang di dalam engsel (tidak ikut dilipat).

Dengan kata lain, kedua layar di ponsel ini bisa dibilang hanya akan ditumpuk saja saat posisi tertutup dan diklaim tidak akan menghasilkan kerutan lantaran secara teori layar memang tidak tertekuk.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah ponsel lipat anti-kerutan ini bakal diwujudkan dalam sebuah produk nyata atau tidak.

Baca juga: Ponsel Lipat Rancangan Intel Bisa Berubah Jadi Tablet

Apple sendiri cukup rajin membuat konsep ponsel lipat yang dituangkan di dalam beragam paten, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (6/2/2020).

Sebelumnya, Apple telah memiliki sejumlah rancangan konsep ponsel lipat, mulai dari desain layar iPhone yang fleksibel, hingga konsep perangkat clamshell mirip Motorola Razr (2019) namun dengan dimensi yang lebih lebar.

Lantas, kapan perusahaan asal Cupertino, AS, ini berani untuk memamerkan desain asli ponsel lipatnya? Sayangnya belum ada jawaban pasti. Kita tunggu saja perkembangannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Ubergizmo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X