Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Assistant Bisa Beri "Gombalan" bagi Para Jomblo dan Patah Hati

Kompas.com - 07/02/2020, 08:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Brand & Creative Lead Google Indonesia, Mira Sumanti mengatakan bahwa asisten virtual Google Assistant juga bisa menjadi teman bicara yang baik untuk para jomblo, atau pengguna yang sedang patah hati.

Pengguna dapat menanyakan berbagai hal mulai dari sekedar basa-basi, hingga pertanyaan yang lebih berbobot.

"Pengguna bisa meminta 'gombalan' (rayuan) dengan menyerukan perintah 'Hey Google, gombalin aku dong' atau minta diceritakan sebuah lelucon," kata Mira di acara "#YukMoveOn dengan bantuan Google di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Mira mengatakan asisten virtual tersebut bisa memberikan jawaban dengan respons yang beragam, meski terkadang diakui jawaban yang diberikan masih terkesan "garing" atau tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Baca juga: Banyak Orang Indonesia Cari Cara Move On di Google Sepanjang 2019

"Terkadang jawabannya ada yang lucu dan ada juga yang jayus (tidak lucu)," canda Mira.

Perintah suara "gombalin aku, dong" ini menjadi bukti bahwa Google Assistant kini mampu mengenali ragam wicara yang lebih luwes, atau seperti percakapan antar-manusia sehari-hari.

Ke depannya, Google akan lebih meningkatkan kemampuan ini, sehingga pengguna diharapkan tidak merasa sedang berbicara dengan mesin, melainkan teman sendiri, agar menjadi teman hidup yang lebih baik.

Salah satu upaya Google menjadikan Assistant sebagai teman hidup yang lebih baik adalah dengan dikenalkannya fitur membacakan seluruh isi situ web untuk pengguna. Fitur ini telah dikenalkan Google di ajang CES 2020 pada Januari lalu di Las Vegas, AS.

Baca juga: Google Bisa Bantu Pengguna Cepat Move On, Begini Caranya

Selain membacakan teks di situs web, asisten virtual ini pun juga akan melakukan scrolling otomatis sampai ke halaman terbawah situs web, sehingga akan sangat membantu para pengguna, khususnya mereka penyandang tunanetra.

Rencananya, fitur tersebut akan disebarluaskan secara merata paling lambat akhir tahun 2020 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com