Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-15, Google Maps Dapat Hadiah Ikon dan Fitur Baru

Kompas.com - 07/02/2020, 15:07 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-15 Kamis kemarin, Google Maps mendapat hadiah berupa ikon dan serangkaian fitur baru yang disematkan oleh pembuatnya, Google.

Ikon aplikasi peta itu tak lagi berupa potongan peta dengan persimpangan jalan berwarna kuning, pointer lokasi merah, dan huruf "G".

Google Maps kini diwakili ikon berbentuk lebih sederhana, hanya pointer dengan warna hijau, merah, biru, dan kuning.

Baca juga: Google Maps Tertipu oleh 99 Ponsel di Gerobak

Di samping ikon, ada fitur baru berupa informasi yang lebih lengkap tentang moda angkutan umum (transit) yang akan dinaiki, seperti suhu, aksesibilitas kursi roda, dan apakah ada gerbong khusus perempuan.

Lima tab utama di Google Maps baruThe Verge Lima tab utama di Google Maps baru

Selain itu, fitur baru lainnya adalah Live View berbasis augmented reality yang lebih ringan dengan hanya menampilkan lokasi tujuan, tanpa menyodorkan navigasi turn-by-turn 3D yang sebelumnya tersedia.

Bagian tabs ikut dirombak dengan adanya dua tab baru bernama "contribute" dan "updates" di bagian bawah tampilan aplikasi. Tab "for you" juga digantikan dengan tab "saved".

Baca juga: Huawei Gandeng TomTom Garap Peta Digital Pengganti Google Maps

Alasan Google merombak tampilan Maps, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (7/2/2020), adalah agar aplikasi tersebut lebih mengedepankan konten yang berasal dari kontribusi pengguna.

Informasi transit baru (kiri) dan Live View yang diperbarui (kanan)The Verge Informasi transit baru (kiri) dan Live View yang diperbarui (kanan)

Dengan adanya dua tab baru itu, pengguna akan lebih dimudahkan dalam memberi kontribusi tanpa harus membuka menu lain terlebih dahulu.

Ikon dan tab baru di Google Maps sudah mulai digulirkan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Namun, fitur informasi transit dan Live View baru akan menyusul disalurkan pada Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com