Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Unik Ini Dibuat dari Ratusan iPhone

Kompas.com - 09/02/2020, 18:10 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Siapa sangka iPhone bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat gitar? Seniman asal Rusia bernama Art Mayer merupakan pencetus dari ide nyeleneh tersebut.

Dia sukses menciptakan gitar listrik dari 106 unit iPhone dan 1 unit iPad. Namanya iCaster, gabungan dari "iPhone" dan "Telecaster" yang merupakan model dari gitar unik ini (Fender Telecaster 1999).

Mayer mengaku dirinya merasa puas dan takjub setelah berhasil menciptakan iCaster yang bisa berfungsi seperti layaknya gitar. "Anehnya, iPhone mampu menghasilkan berbagai macam frekuensi tinggi pada gitar, meski sustain block terbuat dari kayu Mahoni," kata Meyer.

Baca juga: Apple Didenda Rp 374 Miliar karena Sengaja Bikin iPhone Jadi Lemot

Mayer juga menceritakan proses pembuatan gitar listrik ini pada channel Youtube pribadinya. Dalam video berdurasi 5 menit tersebut, terlihat Mayer melepas komponen hardware pada iPhone sebelum disulap menjadi gitar.

iPhone yang sudah "kopong" tersebut direkatkan satu sama lain menggunakan lem super dan dibentuk sebagai body gitar. Selanjutnya Mayer menggunakan kayu mahogani sebagai penopang pada neck gitar.

Setelah itu barulah Mayer memasang seluruh komponen gitar mulai dari senar hingga nut gitar.

Baca juga: Pasokan iPhone Diprediksi Menurun gara-gara Virus Corona

Dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Minggu (9/2/2020), iCaster memiliki bobot 3,6 kg yang tergolong berat untuk ukuran gitar sekelasnya.

Gitar listrik yang hanya ada satu buah ini awalnya dijual oleh situs Reverb seharga 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 13,7 miliar. Namun, banderolnya kini sudah dikurangi drastis menjadi 6.000 dollar AS atau senilai dengan Rp 82 juta.

iCaster bukanlah karya unik pertama Mayer. Sebelumnya, pria asal Rusia ini juga pernah membuat gitar dari bahan dasar 36 bungkus mi instan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com