Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Nasib Industri Smartphone di China Dilanda Wabah Corona

Kompas.com - 10/02/2020, 14:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virus Corona turut "menginfeksi" industri smartphone di China. Virus 2019-nCoV ini melemahkan sektor produksi di beberapa pabrikan ponsel yang menyebabkan menurunnya volume pengiriman.

Menurut laporan dari Digitimes, pasokan smartphone di China diprediksi menurun sembilan persen pada kuartal pertama 2020. Itu pun jika pemerintah China sanggup mengatasi epidemik ini pada akhir Februari 2020.

Artinya, prediksi tersebut bisa saja berubah, tergantung kebijakan pemerintah China mengatasi wabah virus Corona.

Langkah pemerintah China untuk mengontrol efek virus Corona akan sangat mempengaruhi pasokan komponen smartphone dan notebook di negara tersebut.

Permintaan ponsel di pasar China juga menurun terdampak wabah virus ini. Bahkan, sejumlah pabrikan ponsel asal China yakni Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi dilaporkan mengalami masalah serius di inventori atau sisa stok produk.

Vendor-vendor itu biasanya menggeber penjualan pada perayaan Imlek. Namun karena virus Corona yang mewabah menjelang Tahun Baru China, strategi itu gagal.

Baca juga: Peluncuran Xiaomi Mi 10 Ditunda dan Hanya Lewat Streaming Akibat Corona

Tidak hanya pabrikan smartphone, vendor chipset MediaTek yang menjadi pemain penting di pasar smartphone China juga mengalami masalah yang sama.

Dilaporkan Gizmo China, sebagaimana KompasTekno rangkum, Senin (10/2/2020), MediaTek diprediksi mengalami penurunan pendapatan secara berurutan sebesar 15 persen pada kuartal pertama.

Baca juga: Startup Inilah yang Pertama Kali Mendeteksi Penyebaran Virus Corona

Hingga saat ini, pemerintah China, bahkan dunia masih dihantui persebaran virus Corona yang kian meluas.

Kendati pemerintah China bisa mengatasinya hingga akhir Februari 2020, efeknya diprediksi masih akan terasa untuk industri smartphone hingga kuartal kedua dan ketiga tahun ini.

Belum diketahui apakah vendor smartphone akan mengoreksi target mereka tahun ini atau tidak.

Baca juga: Warga China yang Mengkritik Penanganan Virus Corona Bisa Dipenjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com