Game PUBG Mobile Vs Call of Duty Mobile, Bagus Mana?

Kompas.com - 10/02/2020, 15:22 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pernah bermain game PUBG Mobile atau Call of Duty: Mobile (CoD: Mobile)? Keduanya merupakan game smartphone bergenre tembak-menembak (shooter) yang bisa dibilang populer di Indonesia hingga saat ini.

KompasTekno pun telah membuat video yang membahas seluk-beluk PUBG Mobile dan CoD: Mobile, mulai dari mode permainan, mekanisme game, hingga pengalaman bermain kedua game tersebut.

Jika dilihat dari aspek mode permainan, keduanya mempunyai beberapa mode serupa, seperti battle royale (BR), team deathmatch (TDM), mode zombi, dan beberapa mode arcade lainnya.

Karena mode permainannya cukup banyak, pembahasan KompasTekno di dalam video ini hanya mengerucut pada dua mode populer, yaitu mode BR dan TDM.

Sekilas, mode BR di PUBG Mobile dan CoD: Mobile memang terasa identik satu sama lain.

Bisa dibilang begitu lantaran bakal ada 100 orang yang akan bertahan hidup dengan berperang di dalam satu peta (map) dengan mekanisme permainan last man standing

Mode BR di kedua game pun bisa dimainkan dengan sudut pandang orang pertama (first-person/FPP) hingga orang ketiga (third-person/TPP).

Baca juga: 7 Tips Bermain PUBG Mobile Agar Mendapat Chicken Dinner

Kendati demikian, mode BR di CoD: Mobile mempunyai mekanisme permainan dengan sistem class yang bisa dipilih oleh para pemain sebelum mereka berperang.

Dengan adanya sistem tersebut, karakter yang dimainkan akan dibekali dengan sebuah kemampuan unik, misalnya bisa mendeteksi musuh dalam radius tertentu. Sistem seperti ini tentunya bisa membantu para pemain untuk bertahan hidup.

Ilustrasi bermain PUBG Mobile (atas) dan COD Mobile (bawah).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi bermain PUBG Mobile (atas) dan COD Mobile (bawah).
Di sisi lain, mode BR di PUBG Mobile sendiri tidak ada sistem class. Artinya, mode BR di game tersebut terkesan seperti game shooter klasik, tetapi dibumbui dengan elemen survival.

Tidak hanya mode BR, mode TDM juga mempunyai keunikan masing-masing. Yang paling mencolok adalah pilihan map yang disediakan oleh kedua game di mode tersebut.

Mode TDM di CoD: Mobile mempunyai pilihan map yang bervariasi, sedangkan PUBG Mobile hanya memiliki satu map

Baca juga: Asyik Main PUBG, Pria Ini Terserang Stroke sampai Meninggal

Selain itu, senjata yang dipakai untuk berperang di mode TDM di CoD: Mobile bisa ditingkatkan (upgrade) kemampuannya, sedangkan di PUBG Mobile tidak.

Nah, penasaran bagaimana persamaan serta perbedaan kedua game ini secara lengkap? Simak pemaparan KompasTekno di video yang bisa diputar dari video di atas atau langsung di YouTube via tautan ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X