Intel, Vivo, dan Facebook Batal Ikut MWC 2020 karena Virus Corona

Kompas.com - 12/02/2020, 12:24 WIB
Ilustrasi logo Intel MobileSyrupIlustrasi logo Intel

KOMPAS.com - Menjelang perhelatan Mobile World Congress ( MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, satu per satu perusahaan teknologi besar yang selama ini rutin menjadi pesertanya justru memutuskan tidak hadir karena kekhawatiran wabah virus corona

Daftar "exodus" dari MWC belakangan bertambah panjang karena Intel, Vivo, dan Facebook telah mengumumkan bakal absen.

Mereka mengikuti jejak LG, Nvidia, ZTE, Sony, dan Ericsson yang telah mengumumkan pembatalan sebelumnya. Alasannya seragam, semua perusahaan itu mengkhatirkan virus corona yang masih mewabah.

Baca juga: Sony Batal Hadir di MWC 2020 karena Wabah Virus Corona

"Kemanan dan kesejahteraan seluruh karyawan dan mitra adalah prioritas utama kami dan kami telah mundur dari MWC tahun ini dengan berbagai pertimbangan," jelas perwakilan Intel.

Setali tiga uang dengan Intel, Facebook menyatakan bakal absen karena ingin "berhati-hati".
"Karyawan Facebook tidak akan menghadiri Mobile World Congress, disebabkan risiko kesehatan terkait virus corona," ujar seorang juru bicara perusahaan jejaring sosial tersebut.

Arena MWC yang bisa mengumpulkan ratusan ribu orang dari berbagai belahan dunia di satu tempat ditakutkan bisa menjadi ajang penularan virus, meski GSMA selaku penyelenggaranya sudah menyatakan bakal melakukan langkah-langkah preventif.

Hingga saat ini, di Barelona sendiri belum ada laporan kasus positif Corona. Menurut laporan Reuters, Spanyol baru menerima dua laporan kasus positif virus Corona, yakni di Pulau Mallorca dan Pulau Canary.

Baca juga: GSMA Antisipasi Risiko Persebaran Corona di MWC 2020

Hal senada juga diungkapkan Vivo. Perusahaan asal China ini akhirnya batal memperkenalkan Vivo Apex 2020 yang sedianya akan dilakukan di MWC. Menurut perwakilan Vivo, penjadwalan ulang perilisan Apex akan diumumkan segera.

Sebelumnya, Sony juga mengatakan alasan yang sama. Dikarenakan Badan Kesehatan Dunia telah menetapkan status darurat untuk virus Corona, Sony memilih batal hadir.

"Karena keselamatan dan kesejahteraan kustomer, mitra, media, dan karyawan, kami telah mengambil keputusan sulit untuk menarik diri dari MWC 2020, di Barcelona, Spanyol," kata perwakilan Sony, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/2/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X