Galaxy S20 Versi Indonesia Kok Cuma Punya Memori 128 GB?

Kompas.com - 12/02/2020, 16:45 WIB
Samsung Galaxy S20 (kiri), Galaxy S20 Plus (tengah), dan Galaxy S20 Ultra SamsungSamsung Galaxy S20 (kiri), Galaxy S20 Plus (tengah), dan Galaxy S20 Ultra
|
Editor Oik Yusuf

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung hanya menghadirkan satu varian memori internal (storage) untuk trio Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra di pasar Indonesia, semuanya memiliki storage 128 GB.

Padahal di pasar global, ada varian Galaxy S20 Plus dengan penyimpanan 512 GB. Sementara Galaxy S20 Ultra memiliki varian penyimpanan 256 GB dan 512 GB.

Baca juga: Samsung Resmi Umumkan Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Bahkan jika dibandingkan dengan Galaxy S10 tahun lalu di Indonesia, ada varian yang memiliki memori internal 512 GB dan 1 TB, yakni Galaxy S10 Plus.

Perubahan strategi ini menurut Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant dikarenakan oleh tren dan teknologi yang dimiliki di lini Galaxy S20 series.

"Kecepatan data makin kencang, jadi orang sekarang trennya menyimpan file di cloud," kata Denny dijumpai KompasTekno di sela peluncuran Galaxy S20 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020) waktu setempat.

Selain itu, menurut Denny, chip Exynos 990 di Galaxy S20 series memiliki dukungan koneksi LTE Cat 20, sehingga mendukung kecepatan download 2 Gbps dan upload 200 Mbps.

Dengan demikian, pengguna Galaxy S20 series diharapkan rutin mencadangkan (backup) aneka file seperti foto dan video yang diambil dengan smartphone ke layanan penyimpanan berbasis cloud.

Samsung sendiri selama ini juga selalu menyertakan aplikasi penyimpanan cloud OneDrive di jajaran smartphone flagship besutannya.

Baca juga: Ini Harga Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra di Indonesia

Jika pengguna merasa tidak nyaman dengan penyimpanan cloud, Samsung Galaxy S20 series juga mendukung penyimpanan ekspansi memori lewat penambahan kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB.

Namun, jika ingin menggunakan kartu microSD, pengguna harus mengorbankan satu slot SIM card, karena fitur dual-SIM yang disertakan dalam lini Galaxy S20 bersifat hybrid.

KompasTekno sempat menjajal Galaxy S20, 20 Plus, dan S20 Ultra secara langsung di San Francisco. Videonya bisa disimak di tautan berikut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X