Pengalaman Main Game Mobile di Indonesia Dapat Nilai Buruk

Kompas.com - 13/02/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi game PUBG. KOMPAS.com/ RAJA UMARIlustrasi game PUBG.

KOMPAS.com - Pengalaman main game mobile di Indonesia ternyata masih belum memuaskan. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru yang dipublikasikan oleh lembaga riset OpenSignal berjudul Negara dalam Pengalaman Game Mobile di Era 5G.

Kendati menggunakan istilah "5G", namun OpenSignal tetap menyertakan pengguna 4G di risetnya.

Hasilnya, secara global, pengalaman mobile di Indonesia menempati urutan ke-55 dengan skor 63,6 poin. Dengan nilai tersebut, Indonesia masuk kategori "Poor" (buruk).

Dalam kategori ini, Indonesia menempati urutan kedua, setelah Honduras yang meraih skor 63,8 poin. Indonesia hanya terpaut 1,8 poin dengan Brasil, negara terakhir di kategori "fair" (rata-rata).

Baca juga: Game PUBG Mobile Vs Call of Duty Mobile, Bagus Mana?

Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan ketujuh dari total sembilan negara, seperti dihimpun KompasTekno dari keterangan pers OpenSignal, Kamis (13/2/2020).

Singapura menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk kategori "Excellent" (sangat memuaskan), menuduki peringkat pertama secara global dengan skor 85,5 poin.

Lima negara masuk di kategori rata-rata, yakni Vietnam (40) dengan skor 72,7 poin, Thailand (42) dengan skor 71,7 poin, dan Malaysia (50) dengan skor 66,2 poin. Dua negara lainnya adalah Laos (51) dengan skor 65,6 poin dan Myanmar (52) dengan skor 65,4 poin.

Sementara dua negara sisanya masuk dalam kategori "very poor" (sangat buruk), yakni Filipina (93) dengan skor 39,7 poin dan Kamboja (94) dengan skor 39,5 poin.

OpenSignal juga melakukan riset khusus untuk game mobile battle royale, yakni Call of Duty Mobile, Fortnite, Free Fire, dan PUBG Mobile. Di kategori ini posisi Indonesia juga tidak jauh berbeda. Di skala global, Indonesia menemati urutan ke-55 dengan skor 61,5 poin.

Baca juga: Game Crash Bandicoot Dikabarkan Akan Hadir di Android dan iOS

Singapura masih menjadi satu-satunya negara di kategori "sangat memuaskan" dengan skor 85,7 poin, hanya terpaut 0,2 poin dari pemuncak kalsemen, Belanda dengan skor 85,9 poin. Dari sembilan negara Asia Tenggara, Indonesia masih menempati urutan ketujuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X