Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Mirip, Ini Bedanya Konektor Thunderbolt dan USB Tipe C

Kompas.com - 14/02/2020, 11:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konektor USB C mulai populer setelah banyak tersemat di smartphone dari kelas menengah hingga flagship. Jika dilihat, bentuk USB tipe-C mirip dengan konektor Thunderbolt 3.

Keduanya sama-sama bersifat reversible (bisa ditancapkan dengan dibolak-balik)Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing menyesuaikan posisi kabel dengan konektor.

Namun, soal kemampuan, USB C dan Thunderbolt 3 punya perbedaan. Secara umum, kemampuan Thunderbolt 3 lebih tinggi dibanding USB C.

Keunggulan pertama ada di kecepetan transfer data. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Baca juga: Ini Beda Konektor Micro USB dan USB Type-C, Bukan Sekadar Bentuk

Angka itu Jauh lebih tinggi ketimbang USB C 3.1 generasi kedua yang memiliki kecepatan 10 Gbps. Apalagi dibanding dengan USB C 3.1 generasi pertama yang hanya memiliki kecepatan transfer data 1,5 Gbps.

Perbedaan lainnya ada di keluaran video. Thunderbolt 3 mampu menampilkan video dengan resolusi 2 x 4K atau video tunggal beresolusi 5K.

Untuk membedakan port USB C dan Thunderbolt bisa dilihat pada logo yang terpatri di atas lubang konektor. USB C biasanya mencantumkan tipe yang digunakan sementara Thunderbolt biasanya menggunakan ikon petir.ZD Net Untuk membedakan port USB C dan Thunderbolt bisa dilihat pada logo yang terpatri di atas lubang konektor. USB C biasanya mencantumkan tipe yang digunakan sementara Thunderbolt biasanya menggunakan ikon petir.

Sementara USB C, baik generasi pertama maupun kedua hanya bisa menampilkan keluaran video dengan resolusi maksimal 4K. Keunggulan Thunderbolt 3 tidak hanya sampai di situ.

Konektor ini juga mendukung eksternal GPU atau eGPU. Dukungan tersebut tidak dimiliki USB C. Satu hal lagi yang tidak bisa dilakukan USB C adalah kemampuan menyambungkan enam perangkat sekaligus (daisy chain) secara bersamaan.

Dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Jumat (14/2/2020), Thunderbolt 3 kompatibel dengan Thunderbolt 2 dan model sebelum-sebelumnya. Ia juga kompatibel dengan USB C 3.1, USB 3.x, dan USB 2.x, selama ada adapter yang tepat.

Baca juga: Alasan Apple Ogah Ganti Konektor Lightning di iPhone dengan USB

Sementara itu, USB C 3.1 kompatibel dengan USB C 3.x dan USB C 2.x, tapi tidak mendukung perangkat Thunderbolt. Lantas bagaimana cara membedakan mana port USB C dan Thunderbolt 3?

Biasanya, produsen perangkat akan mematrikan keterangan tipe USB C yang digunakan, misalnya saja USB C 3.1. Sementara untuk port Thunderbolt, biasanya menggunakan label bergambar petir dengan anak panah serong ke kiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com