Motivasi Pakai Aplikasi "Online Dating", dari Cari Teman Hidup hingga Iseng

Kompas.com - 14/02/2020, 14:44 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, teknologi semakin membuat hidup menjadi lebih mudah, begitu juga di ranah percintaan.

Maraknya platform kencan daring, atau bahasa kerennya online dating, agaknya membuat sejumlah pihak terbantu untuk mulai menjalin hubungan dengan lawan jenis.

KompasTekno telah bertanya kepada beberapa orang yang sedang atau sudah menggunakan aplikasi online dating, baik laki-laki maupun perempuan.

Sebagian besar pengguna ini, memanfaatkan lebih dari satu aplikasi online dating. Ada pun aplikasi yang digunakan terbilang cukup populer, sebut saja Tinder, Tantan, Date in Asia, dan lain sebagainya.

Menariknya, ada beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa mereka memilih untuk menggunakan aplikasi semacam itu. Apa saja?

Ingin cari teman chatting hingga pacar

Motivasi pertama untuk menggunakan aplikasi kencan online pastinya berasal dari tujuan platform itu sendiri, yakni untuk mencari teman lawan jenis, seperti apa yang diungkapkan Adit dan Anggie. 

"Kalau saya pribadi memakai aplikasi online dating, seperti Tinder, memang untuk cari teman di dunia nyata. Kalau buat serius (pacaran) agak ragu," ujar Adit yang kesehariannya menyelami hiruk pikuk kota Jakarta.

Sementara untuk Anggie, wanita yang kini "pensiun" dari online dating ini mengaku bermain aplikasi macam itu untuk mencari pacar "bule".

Aplikasi yang ia gunakan adalah Date in Asia, sebuah platform yang menurutnya kerap digunakan oleh orang asing untuk mencari jodoh yang tinggal di kawasan Asia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X