Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X2 Akan Gunakan Kamera Sony "Belum Resmi"

Kompas.com - 15/02/2020, 18:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Oppo Find X2 yang awalnya akan diluncurkan 22 Februari dipastikan ditunda akibat pembatalan ajang Mobile World Congress 2020. Find X2 dijadwalkan ulang akan dirilis pada Maret mendatang.

Meski demikian, tak membuat rumor ponsel Oppo tersebut mereda. Salah satunya ada di sektor kamera.

Menurut rumor yang beredar, Find X2 akan mengadopsi sensor baru Sony yang bahkan belum diumumkan, yakni IMX689 beresolusi 48 megapiksel. Sensor tersebut bakal ditemani Sony IMX78 ultrawide dan lensa periskop 13 megapiksel.

Oppo juga merancang sensor khusus bersama Sony. Sensor ini diharapkan bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi autofokus (AF).

Beberapa smartphone flagship saat ini menggunakan phase detection autofocus (PDAF). Namun, teknologi itu tidak mampu mendeteksi perubahan pola secara horisontal dengan baik.

Sebagai solusinya, Oppo merancang "All Pixel Omni-directional PDAF". Sederhananya, teknologi ini akan mendeteksi perubahan pola, baik vertikal maupun horisontal dengan menggunakan lebih banyak data dari gambar.

Dengan demikian, fokus akan lebih cepat dan jepretan di kodisi minim cahaya juga semakin baik. Sensor ini diklaim akan bekerja baik pula untuk memotret obyek kecil.

Namun, "All Pixel Omni-directional PDAF" memerlukan penyesuaian pada sensor di level mikro. Sebagai solusinya, Oppo akan mengandalkan teknologi "2x2 On-Chip Lens (OCL)" milik Sony.

Teknologi ini menempatkan empat piksel secara berdekatan dengan warna yang sama di dalam OCL. Itu artinya, jumlah piksel akan lebih banyak, dibanding dengan sensor konvensional, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Oppo Find X2 Bakal Gunakan Layar 120 Hz, Apa Fungsinya?

Sesignifikan apa teknologi baru itu di Oppo Find X2 baru bisa dilihat setelah resmi diperkenalkan nanti. Selain sektor kamera, Oppo Find X2 juga akan mengunggulkan bagian layar.

Vice President Oppo, Brian Shen, memastikan bahwa Oppo Find X2 akan menggunakan layar dengan refresh rate 120 Hz yang setara dengan ponsel gaming. Smartphone flagship ini akan ditenagai chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 865.

Baca juga: Menilik Kemampuan Snapdragon 865 di Oppo Find X2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com