Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ernest Prakasa: Samsung Galaxy S20 Layak untuk Bikin Film Pendek

Kompas.com - 15/02/2020, 19:09 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kemampuan merekam video dalam resolusi 8K di smartphone Samsung Galaxy S20 series, menarik perhatian penulis sekaligus sutradara Ernest Prakasa.

Ernest yang turut hadir dalam ajang Unpacked 2020 di San Francisco, AS, pada Selasa (11/2/2020) lalu, membagikan pandangannya, bagaimana fitur perekaman video di Galaxy S20 series bisa dijadikan modal untuk membuat film pendek bagi filmaker pemula.

Menurut Ernest, bagi mereka yang baru merintis karir sebagai pembuat film, gerbangnya adalah dengan membuat film pendek.

"(Smartphone) kalau punya kapabilitas video yang baik, akan sangat memudahkan, nggak perlu repot-repot punya mirrorless atau kamera profesional," ujar Ernest ditemui di sela acara peluncuran Galaxy S20 series di San Francisco, AS.

Baca juga: Fitur Single Take Galaxy S20 Rekam Banyak Foto dan Video Sekaligus

Terlebih, Samsung Galaxy S20 series memiliki fitur perekaman video 8K, hal ini menurut Ernest akan berguna di tahap editing.

"Jadi kalau ada part (bagian video) yang mau kita crop dan kita blow up (tampilkan penuh), kita masih ada ruang untuk itu," kata Ernest.

Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra memang memiliki kemampuan merekam video dalam resolusi 8K. Sembari merekam video 8K, pengguna juga bisa memotret secara bersamaan dalam resolusi 33 megapiksel.

Menurut Samsung, satu menit rekaman video 8K dengan Galaxy S20 membutuhkan kapasitas penyimpanan 600 MB. Samsung juga menyebut, rekaman video 8K selama 5 menit bakal membutuhkan penyimpanan 3 GB.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Selain itu, perekaman video 8K juga dibatasi selama lima menit, dan pengguna bisa merekam dalam kecepatan 24 fps. Jika ingin merekam dalam kecepatan yang lebih tinggi, seperti 60 fps atau 30 fps, pengguna bisa melakukannya dalam resolusi yang lebih rendah.

Dengan besarnya kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan oleh file video 8K, Samsung menyediakan slot kartu memori micro SD dengan kapasitas maksimum 1 TB.

Galaxy S20 (6,2 inci), S20 Plus (6,7 inci), dan S20 Ultra (S20 Plus) mulai bisa dipesan di Indonesia pada 12 Februari di situs Galaxy Launch Pack, dengan banderol harga masing- masing Rp 12,9 juta, Rp 14,499 juta, dan Rp 18,499 juta.

Baca juga: Video: Hands-on Trio Samsung Galaxy S20 di San Francisco

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com