Galaxy S20 Ultra Dilapisi Gorilla Glass 6 di Depan dan Belakang

Kompas.com - 17/02/2020, 09:08 WIB
Samsung Galaxy S20 Ultra mengusung kamera 108MP dan memiliki fitur zoom hingga 100x. RESKA K. NISTANTO/KOMPAS.comSamsung Galaxy S20 Ultra mengusung kamera 108MP dan memiliki fitur zoom hingga 100x.

KOMPAS.com - Dari tiga Galaxy S20 yang diluncurkan, Galaxy S20 Ultra jadi yang paling canggih. Betapa tidak, spesifikasinya jadi yang paling tinggi di antara yang lain.

Salah satunya di bagian perlindungan layar dan punggung. Galaxy S20 Ultra dilapisi Gorilla Glass 6 untuk bagian muka dan punggung.

Samsung mengatakan, ini adalah pertama kalinya, smartphone Samsung dibekali Gorilla Glass 6 untuk sisi depan dan belakang. Galaxy S10 yang rilis tahun lalu memang dibekali Gorilla Glass 6, namun hanya bagian depan saja.

Sementara Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus hanya berlapis Gorilla Glass 5 di punggung, sebagaimana Galaxy S10 dan Galaxy Note 10. Padahal, dari segi durabilitas atau ketangguhan, Gorilla Glass 6 lebih baik.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Dirangkum KompasTekno dari Sammobile, Minggu (16/2/2020), Gorilla Glass 6 dua kali lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 5 dan bisa meminimalisir kerusakan akibat benturan apabila perangkat jatuh dari ketinggian tertentu.

Produsen Gorilla Glass, Corning, mengklaim bahwa lapisan termutakhirnya ini telah teruji ketangguhannya setelah melakukan tes dengan menjatuhkan perangkat sebanyak 15 kali dari ketinggian satu meter.

Meskipun, goresan yang tampak masih sama dengan lapisan Gorilla Glass 5 apabila punggung Galaxy S20 tidak dilindungi oleh aksesoris casing. Layar yang dlindungi Gorilla Glass 6 ini berbentang 6,9 inci dengan rasio bodi ke layar 90,5 persen.

Di sisi atas layar terdapat lubang kamera atau punch hole yang menampung kamera depan beresolusi 40 megapiksel. Seperti dikatakan sebelumnya, Galaxy S20 Ultra memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding dua Galaxy S20 yang lain.

Baca juga: Ingin Tukar Tambah Galaxy S20? Ini Aplikasi yang Digunakan

Selain lapisan layar dan punggung, ada pula sektor kamera yang salah satunya beresolusi 108 megapiksel, ditemani ultra wide 12 megapiksel, dan telefoto beresolusi 48 megapiksel.

Selain itu, Galaxy S20 Ultra memiliki fitur Super Resolution Zoom yang bisa memperbesar objek hingga 100x. Sementara Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus hanya bisa memperbesar objek sampai 30x.

Samsung juga memamerkan kemampuan kamera Galaxy S20 Ultra yang digunakan untuk merekam acara "Galaxy Unpacked" yang disiarkan secara live streaming.

Namun, untuk dapur pacu, Galaxy S20 Ultra sama-sama ditenagai Exynos 990 seperti varian lain. Di Indonesia, Galaxy S20 Ultra dijual dengan harga Rp 18.499.000 dengan RAM 12 GB dan internal 128 GB.

Selain Ultra, ada Galaxy S20 dan S20 Plus yang ketiganya bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X