Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubisoft Sebut Konsol PS5 Bisa Mainkan Hampir Semua Game Lawas

Kompas.com - 17/02/2020, 13:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Konsol PlayStation 5 besutan Sony akan memiliki sebuah fitur bernama backward compatibility. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memainkan game dari konsol PlayStation lawas.

Fitur ini pun disebut akan menjadi nilai tambah bagi industri konsol game. Hal tersebut diutarakan Yves Guillemot, CEO pengembang game kenamaan, Ubisoft.

Guillmot pun mengatakan bahwa dengan adanya fitur tersebut, konsol PlayStation 5 akan bisa menjalankan hampir seluruh game lawas. Fitur backward compatibility ini sejatinya tak hanya hadir pada PS5, melainkan juga konsol Xbox terbaru.

"PlayStation 5 akan dapat menjalankan hampir seluruh game pada konsol generasi sebelumnya. Ini akan menjadi terobosan baru pada industri game," kata Yves.

Meski demikian, pihak Sony sendiri belum mengonfirmasi seperti apa kemampuan dari fitur backward compatibility tersebut nantinya.

Baca juga: Konsol PS5 Akan Bisa Mainkan Game PS Lawas?

Belum diketahui apakah nantinya PS5 dapat menjalankan game dari mulai konsol PS1, ataukah sebatas game dari konsol PS4 saja. Saat ini tercatat ada sebanyak lebih dari 2.000 judul game yang tersedia untuk konsol PS4.

Dirangkum KompasTekno dari The Sun, Senin (17/2/2020), dengan adanya fitur backward compatibilty ini, persaingan Sony dengan Microsoft disinyalir akan semakin memanas.

Pasalnya, Microsoft juga membawa teknologi yang sama pada konsol barunya yakni Xbox Series X.

Sebelumnya, Microsoft juga pernah membawa teknologi serupa pada Xbox One. Namun hanya hanya segelintir game lawas yang dapat dimainkan di konsol tersebut.

Kedua konsol ini dikabarkan akan meluncur pada akhir tahun 2020 dengan harga yang masih misterius. Namun Yven mengasumsikan kedua konsol ini akan dijual dengan harga yang fantastis.

Baca juga: Inikah Tanggal Peluncuran Sony PS5?

"Pemain akan terkesima dengan kualitas yang dibawakan oleh konsol baru ini," pungkas Yven.

Untuk spesifikasi, PS5 disinyalir bakal dibekali dengan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut serangkaian teknologi grafis termutakhir untuk visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

PS5 juga akan membawa sejumlah fitur terbaru seperti controller anyar yang mengadopsi teknologi haptic feedback dan adaptive trigger yang bisa menambah pengalaman bermain game lebih realistis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Sun


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com