Samsung Pastikan Fitur Quick Share Debut di Galaxy S20 5G

Kompas.com - 17/02/2020, 14:53 WIB
Fitur Quick Share di Samsung Galaxy S20. SamsugnFitur Quick Share di Samsung Galaxy S20.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sekitar bulan Januari lalu, Samsung dikabarkan sedang menyiapkan fitur berbagi file yang mirip dengan AirDrop milik Apple. Fitur berbagi file secara wireless tersebut diberi nama " Quick Share".

Kini, vendor smartphone asal Korea Selatan tersebut mengonfirmasi bahwa fitur Quick Share bakal debut di ponsel flagship teranyarnya, Galaxy S20.

Hal itu diketahui dari halaman resmi Samsung yang berisi informasi sejumlah fitur andalan Galaxy S20.

Pada bagian bawah halaman tersebut, tertera informasi bahwa fitur Quick Share akan hadir pertama kali di perangkat Galaxy S20 versi 5G. Sementara perangkat Galaxy S20 lainnya akan menyusul.

"Telusuri siapa saja orang di dalam kontak yang sedang berada di dekat Anda, sehingga Anda dapat membagikan file hingga ke 5 teman secara bersamaan tanpa melakukan proses pairing," ujar pihak Samsung di situs Samsung.com. 

Baca juga: Samsung Resmi Umumkan Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

"Hanya tersedia untuk Galaxy S20 5G. Dukungan untuk perangkat lain bakal hadir dalam waktu dekat," lanjutnya.

Kendati demikian, Samsung tidak menyebut kapan fitur ini bakal digelontorkan untuk ponsel selain Galaxy S20 versi 5G tersebut.

Terlepas dari trio Galaxy S20 5G yang disebutkan tadi, belum diketahui perangkat apa yang bakal disambangi fitur Quick Share. Belum jelas pula apakah varian LTE dari Galaxy S20 bakal turut kebagian fitur ini atau tidak.

Apa itu Quick Share?

Sebagai informasi, jika mengacu pada kabar sebelumnya, Quick Share merupakan fitur teranyar Samsung yang bertujuan untuk memudahkan penguna dalam urusan berbagi file antar sesama, baik dengan mereka yang ada di dalam atau di luar kontak. 

Baca juga: Ini Harga Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra di Indonesia

Uniknya, berbeda dengan AirDrop besutan Apple yang memungkinkan berbagi file dengan satu orang saja dalam satu sesi, Quick Share mampu menampung lima pengguna sekaligus secara bersamaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Senin (17/2/2020).

Selain itu, ada pula dukungan cloud yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah file ke Samsung Cloud dan menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, dengan ukuran maksimal 1 GB per file (maksimal 2 GB per hari).

File tersebut kemudian bisa diunduh di perangkat Samsung lain yang sama-sama mendukung fitur Quick Share.

Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack, dengan banderol harga masing- masing Rp 12,9 juta, Rp 14,499 juta, dan Rp 18,499 juta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X