Oppo Patenkan Ponsel dengan Stylus yang Bisa Dipakai untuk Telepon

Kompas.com - 17/02/2020, 16:25 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aksesori tambahan berupa pena stylus lazim dimiliki oleh tablet dan ponsel papan atas. Biasanya stylus digunakan untuk keperluan input saja, seperti menulis atau menggambar di layar.

Namun, stylus dalam rancangan smartphone yang dipatenkan oleh Oppo ini terbilang unik lantaran juga bisa digunakan untuk telepon, selain sebagai sarana tulis-menulis. Stylus tersebut dibekali dengan mikrofon, penerima sinyal, berikut tombol pengatur volume.

Dalam dokumen paten berjudul "Smartphone with Multifunctional Stylus Pen" yang dipublikasikan oleh LetsGoDigital itu disebutkan pula bahwa stylus turut memiliki baterai terintegrasi sehingga bisa tahan lebih lama.

Baca juga: Oppo Find X2 Akan Gunakan Kamera Sony Belum Resmi

Penempatan sang stylus juga terbilang unik, bukan di dalam bodi perangkat seperti layaknya ponsel lain dengan aksesori serupa, melainkan ditancapkan tempat khusus di bagian atas, kemungkinan dengan magnet agar tak mudah terlepas.

Penampakan paten Oppo Stylusgizmochina.com Penampakan paten Oppo Stylus

Saat dalam keadaan terpasang di ponsel, stylus mungkin akan mengisi dayanya secara otomatis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (17/2/2020).

Perangkat ponselnya sendiri tampak memiliki layar lebar yang nyaris tak berbingkai, kecuali pada bagian atas yang memuat tempat "docking" untuk stylus berikut kamera depan, seperti dalam gambar ilustrasi.

Saat tertancap di tempatnya, tombol volume stylus menghadap ke atas sehingga kemungkinan ikut merangkap sebagai pengatur audio ponsel.

Baca juga: MWC 2020 Batal, Bagaimana Nasib Oppo Find X2 dan Realme X50 Pro 5G?

Dokumen paten ikut menyebutkan bahwa Oppo sudah melakukan pengujian terhadap konsep stylus unuk ini. Deskripsi perangkatnya pun terbilang lebih lengkap dibandingkan perangkat lain yang masih berupa paten, pada umumnya.

Meski demikian, karena baru berupa paten, tak ada jaminan bahwa perangkatyang bersangkutan akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.