Semenit, Video 8K Galaxy S20 Habiskan Ruang 600 MB

Kompas.com - 17/02/2020, 17:49 WIB
Perbandingan dimensi Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOPerbandingan dimensi Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu fitur unggulan di Samsung Galaxy S20, 20 Plus, dan S20 Ultra adalah kemampuan merekam video 8K yang hadir untuk pertama kalinya di ponsel lewat trio smartphone kelas atas tersebut.

Video 8K menjanjikan kualitas yang lebih tinggi dengan gambar lebih tajam dibandingkan 4K. Ini karena resolusinya lebih tinggi. Peningkatan resolusi dan kualitas biasanya selalu dibarengi ukuran file yang makin membengkak. Bagaimana dengan 8K di Galaxy S20?

Menurut keterangan pihak Samsung yang dimuat oleh SamMobile, ukuran file video 8K yang dihasilkan oleh ketiga perangkat teranyar ini bakal berukuran 600 MB untuk setiap satu menit. 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Dengan kata lain, lima menit video 8K akan menyita ruang penyimpanan ponsel sebesar 3 GB. Ini mungkin bisa dengan cepat mengisi storage Galaxy S20, S20 Plus, atau S20 Ultra varian 128 GB.

Penggunaan microSD bisa membantu, namun kartu memori yang dipakai harus berkecepatan tinggi dan mampu mentransfer setidaknya sebesar 10 Megabyte per detik (class 10), sesuai dengan data rate video 8K Galaxy S20.

Kapasitas media penyimpanan di ketiga model Galaxy S20 bisa diperluas lagi dengan micro SD hingga kapasitas 1 TB.

Meski trio Galaxy S20 bisa menghasilkan video beresolusi 8K, ada sejumlah keterbatasan di mode perekaman tersebut.

Baca juga: Ingin Tukar Tambah Galaxy S20? Ini Aplikasi yang Digunakan

Misalnya, frame rate perekaman video hanya mentok di 24 FPS saja, bukan 30 FPS atau 60 FPS.Lalu, fitur penstabil gambar macam Electronic Image Stabilization (EIS) djuga tidak bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Namun ada satu fitur menarik yang bernama "8K Video Snap". Fitur ini mampu mengambil foto (still image) beresolusi 33 megapiksel dari footage video 8K, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Senin (17/2/2020). 

Artinya, jika ingin mengambil sebuah momen dalam video 8K yang sudah direkam, pengguna cukup menggunakan fitur 8K Video Snap dan foto beresolusi 33 megapiksel dari video tadi pun bakal tersimpan di galeri ponsel.

Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack, dengan banderol harga masing- masing Rp 12,9 juta, Rp 14,499 juta, dan Rp 18,499 juta.



Sumber SamMobile
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X