Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Kompas.com - 17/02/2020, 20:30 WIB
Galaxy S20 Ultra dalam genggaman. KOMPAS.com/Bill ClintenGalaxy S20 Ultra dalam genggaman.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S20 Ultra dan Xiaomi Mi Note 10 Pro sama-sama memiliki kamera dengan sensor beresolusi sangat tinggi, mencapai 108 megapiksel.  Meski angkanya sama, sensor kamera milik masing-masing smartphone anyar ini sebenarnya berbeda.

Galaxy S20 Ultra mengandalkan sensor gambar ISOCELL Bright HM1 buatan Samsung, sementara Mi Note 10 Pro memiliki sensor ISOCELL Bright HMX yang juga dibuat oleh Samsung.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, sensor kamera yang digunakan di Galaxy S20 Ultra disebut lebih mutakhir ketimbang Mi Note 10 Pro karena mengusung teknologi penggabungan piksel (pixelbinning) yang lebih canggih.

Pengamat gadget Lucky SebastianWahyunanda Kusuma/Kompas.com Pengamat gadget Lucky Sebastian

"Teknologi pixel binning Mi Note 10 Pro itu Tetracell, empat piksel kecil (2x2) bisa digabungkan menjadi satu piksel yang lebih besar," ujar Lucky kepada KompasTekno, Jumat (14/2/2020).

"Sedangkan Galaxy S20 Ultra pakai teknologi pixel binning lebih baru, namanya Nonacell atau Nona Binning, yang mampu menggabungkan sembilan piksel (3x3) menjadi satu piksel besar," imbuhnya. 

Baca juga: Galaxy S20 Versi Indonesia Kok Cuma Punya Memori 128 GB?

Dalam hal ini, Galaxy S20 Ultra memiliki ukuran piksel efektif yang lebih besar, mencapai 2,4 mikron dari penggabungan tiap 9 piksel berukuran 0,8 mikron, dibanding Mi Note 10 Pro yang ukuran piksel efektifnya 1,6 mikron dari penggabungan tiap 4 piksel berukuran 0,8 mikron.

Secara teori, semakin besar ukuran piksel, semakin banyak pula informasi cahaya yang bisa ditangkap sehingga kualitas akhir foto akan semakin bagus, terutama dalam kondisi tertentu seperti keadaan minim cahaya.

Baca juga: Begini Hasil Jepretan Kamera 108 Megapiksel Xiaomi Mi Note 10 Pro

"Jadi, untuk kemampuan low light, (ukuran) piksel yang lebih besar ini akan lebih baik," imbuh Lucky.

Selain teknologi pixel binning, ada fitur kamera lainnya yang membedakan mode penjepretan 108 megapiksel di Samsung S20 dan Mi Note 10 Pro.

Mode 108 megapiksel di Galaxy S20 Pro, disebut Lucky, sudah dibekali dengan fitur real-time HDR, sementara fitur tersebut absen di mode penjepretan yang sama di Mi Note 10 Pro.

Di Indonesia, Galaxy S20 Ultra dijual dengan harga Rp 18.499.000 dengan RAM 12 GB dan internal 128 GB. Selain Ultra, ada Galaxy S20 dan S20 Plus yang ketiganya bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X