Apa Itu Google Station, WiFi Gratis di Indonesia yang Segera Disetop Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 19/02/2020, 10:02 WIB
Google Station GoogleGoogle Station

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan akan menghentikan program Google Stations di India. Penyetopan program ini ternyata juga akan berlaku di Indonesia akhir tahun 2020.

Sebenarnya, apa itu inisiasi Google Station? Google Station adalah inisiasi WiFi publik gratis yang digelar oleh Google. Program ini sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Inisiasi Google Station di Indonesia diungkap oleh Country Director Google Indonesia saat itu, Tony Keusgen dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Agustus 2017.

Baca juga: Google Station Bakal Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

Saat diluncurkan, Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

Google akan mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

“Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut,” ujar Tony kala itu.

Tony menjanjikan kualitas koneksi Google Station bakal lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti e-mail.

Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communication Google IndonesiaKOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communication Google Indonesia
Namun baru-baru ini, Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengatakan Google Station di Indonesia akan dihentikan pada akhir 2020.

Baca juga: Google Hentikan Program WiFi Gratis di Indonesia Akhir 2020

Masih ada beberapa bulan lagi. (Akan berhenti) akhir tahun ini," kata Jason di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Jason mengatakan, perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia menjadi alasan penutupan program ini.

"Contohnya di India, semenjak Google Stations dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya enggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X