Begini Cara Membersihkan Earphone TWS yang Kotor

Kompas.com - 19/02/2020, 14:11 WIB
Xiaomi membawa Mi True Wireless Earbuds Basic. Earbuds ini dibanderol dengan harga murah meriah. BILL CLINTEN/KOMPAS.comXiaomi membawa Mi True Wireless Earbuds Basic. Earbuds ini dibanderol dengan harga murah meriah.

KOMPAS.com - Memiliki earbuds atau earphone nirkabel memang jadi pilihan paling praktis di zaman ini. Sebab tanpa adanya kabel, earphone yang populer disebut TWS (true wireless stereo) ini lebih mudah digunakan saat beraktivitas.

Agar lebih awet, earphone nirkabel juga perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Ada pula cara khusus untuk membersihkannya.

Sebelum membersikan earphone nirkabel, pastikan Anda telah menonaktifkan koneksi dari gadget Anda.

Kemudian coba amati terlebih dahulu seperti apa kotoran yang ada pada earphone TWS. Dari sana Anda dapat memilih metode pembersihan apa yang cocok untuk membersihkannya.

Meskipun sejumlah eraphone memiliki kemampuan tahan air, sebaiknya jangan direndam dengan cairan apapun. Lebih baik bersihkanlah dengan kain lembut, alkohol, atau dengan sedikit sabun dan air.

Selain kain lembut, Anda bisa mengusapnya dengan kapas atau sikat gigi.

Namun Anda perlu hati hati saat menggunakan kapas, karena serat kapas bisa saja menyangkut dan justru membuat semakin sulit dibersihkan.

Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Bulu nilon pada sikat gigi tidak mudah putus dan masuk ke dalam speaker.

Baca juga: Pasar Earphone Nirkabel Bakal Jadi Terbesar Kedua setelah Ponsel

Adapun untuk membersihkan earphone, cukup menyikat dengan lembut dalam gerakan melingkar dan tidak menekan terlalu keras.

Jika dilakukan dengan terlalu keras, ada risiko kotoran masuk ke dalam speaker dan membuat prosesnya jauh lebih sulit.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X