Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membersihkan Earphone TWS yang Kotor

Kompas.com - 19/02/2020, 14:11 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki earbuds atau earphone nirkabel memang jadi pilihan paling praktis di zaman ini. Sebab tanpa adanya kabel, earphone yang populer disebut TWS (true wireless stereo) ini lebih mudah digunakan saat beraktivitas.

Agar lebih awet, earphone nirkabel juga perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Ada pula cara khusus untuk membersihkannya.

Sebelum membersikan earphone nirkabel, pastikan Anda telah menonaktifkan koneksi dari gadget Anda.

Kemudian coba amati terlebih dahulu seperti apa kotoran yang ada pada earphone TWS. Dari sana Anda dapat memilih metode pembersihan apa yang cocok untuk membersihkannya.

Meskipun sejumlah eraphone memiliki kemampuan tahan air, sebaiknya jangan direndam dengan cairan apapun. Lebih baik bersihkanlah dengan kain lembut, alkohol, atau dengan sedikit sabun dan air.

Selain kain lembut, Anda bisa mengusapnya dengan kapas atau sikat gigi.

Namun Anda perlu hati hati saat menggunakan kapas, karena serat kapas bisa saja menyangkut dan justru membuat semakin sulit dibersihkan.

Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Bulu nilon pada sikat gigi tidak mudah putus dan masuk ke dalam speaker.

Baca juga: Pasar Earphone Nirkabel Bakal Jadi Terbesar Kedua setelah Ponsel

Adapun untuk membersihkan earphone, cukup menyikat dengan lembut dalam gerakan melingkar dan tidak menekan terlalu keras.

Jika dilakukan dengan terlalu keras, ada risiko kotoran masuk ke dalam speaker dan membuat prosesnya jauh lebih sulit.

Pastikan juga speaker pada earphone tidak terkena cairan, Anda bisa membersihkannya dengan cottonbuds atau kapas yang kering.

Apabila earphone tidak memiliki eartips (bantalan silikon yang masuk ke telinga), Anda harus menghindari penggunaan sabun, sampo, atau bahan pembersih lainnya.

Dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends Rabu (19/2/2020), cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengusapnya dengan kain lembut dan bersih.

Membersihkan eartips

Bagian earphone yang seringkali kotor adalah pada bagian eartips. Untuk membersihkannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, Anda dapat mulai membuka atau melepas eartips dari earphone Anda. Eartips biasanya terbuat dari busa kecil ataupun silikon untuk menyangga earphone masuk dalam telinga dan menjaga suara agar tetap kedap.

Baca juga: Xiaomi Rilis Earphone Wireless Murah Dibanderol Rp 249.000

Kedua, masukkan air hangat ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes sabun tangan atau detergen cair. Kemudian masukkan kain mikrofiber.

Ketiga, peraslah kain tersebut hingga tidak ada air lagi yang menetes dan bersihkan eartips menggunakan kain itu. 

Setelah eartips bersih, taruh di tempat yang kering, kurang lebih satu atau dua jam. Setelah kering, Anda bisa masukkan kembali ke dalam tempatnya.

Baca juga: Samsung Galaxy Buds Plus Resmi Meluncur, Harga Rp 2 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com